VULVITIS AKIBAT INFEKSI JAMUR KELAMIN YANG BERBAHAYA

Vulvitis pada wanita
Perempuan berbagai usia dapat hadapi vulvitis.

Perempuan sering sekali mempunyai permasalahan kesehatan pada organ intim kewanitaannya. Seperti di bagian Vagina yang sangat sensitive serta butuh pengetahuan untuk melindungi dan merawatnya. Tidak banyak perempuan memiliki kewaspadaan yang rendah di mana berarti sekali dalam melindungi kelembaban vagina tetap normal. Sehingga tidak heran para perempuan sering alami rasa gatal, bengkak, memerah akibat infeksi jamur hingga membuat tidak nyaman. Bisa jadi itu tanda- tanda dari indikasi vulvitis.

Pengertian Vulvitis

Vulvitis ialah infeksi alias peradangan pada vulva. Vulva ialah lipatan kulit yang terletak di depan vagina, ataupun secara awam kerap diucap sebagai bibir vagina.

Vulva sendiri meliputi labia, klitoris, dan pintu masuk (vestibulum) ke vagina. Karena lembap, kulit vulva sangat rentan hadapi iritasi. Dan iritasi dapat disebabkan oleh infeksi, respon alergi, ataupun cedera.

Perempuan berbagai usia dapat hadapi vulvitis. Anak perempuan yang belum mencapai umur pubertas ataupun perempuan pascamenopause berisiko lebih besar hadapi vulvitis. Tingkat estrogen yang lebih rendah bisa membuat mereka lebih rentan terhadap keadaan ini karna jaringan pengering vulva yang lebih tipis.

Gejala penyakit Vulvitis

Indikasi pada vulvitis bisa berbeda- beda sesuai penyebabnya, tetapi secara umum meliputi:

• Sensasi nyeri di wilayah vulva.
  • Nyeri dikala bersenggama serta buang air kecil.
  • Rasa gatal yang hebat serta selalu.
  • Keputihan.
  • Terdapat kulit rusak kecil pada kulit vulva.
  • Kemerahan serta bengkak pada vulva serta labia (bibir vagina).
  • Vulva melepuh.
  • Bercak putih pada vulva

Pada vulvitis yang terinfeksi jamur, indikasi bisa berbentuk gatal berat serta keputihan dengan lendir putih kekuningan kental serupa keju, sebaliknya pada infeksi kuman bisa muncul perih ataupun gatal pada kemaluan diiringi keputihan bercorak keabu- abuan yang berbau amis. Peradangan virus semacam herpes bisa memunculkan perih akibat cedera serta timbul lepuhan pada kemaluan yang berisi cairan.

Penyebab Vulvitis

Vulvitis ataupun peradangan pada vagina dapat diakibatkan oleh beberapa keadaan, seperti:

Infeksi kelamin. Tidak cuma vagina, vulva pula bisa terinfeksi kuman, virus, ataupun jamur. Contoh- contoh pemicu peradangan pada vulva merupakan herpes genital, jamur candida, peradangan HPV, kutu kemaluan, serta skabies.

Iritasi. Sebagian produk rumah tangga bisa menimbulkan iritasi, semacam tisu wc, sabun mandi, sampo, serta kondisioner yang memiliki parfum, deodoran, bedak, semprotan organ intim, spermisida, dan baju dalam yang bukan berbahan katun. Iritasi pula bisa terjalin sehabis berenang ataupun berendam di sarana umum, bersepeda, dan menunggang kuda.

Penyakit kulit. Sebagian penyakit kulit yang bisa mempengaruhi kesehatan vulva, di antara lain merupakan psoriasis, lichen planus, serta lichen sclerosus.

Estrogen rendah. Vulvitis bisa terjadi akibat kandungan estrogen yang rendah, semacam dikala menopause. Vulvitis yang terjadi dikaitkan dengan peradangan vagina akibat vagina menjadi kering.

Vulvodynia. Seorang yang mengidap vulvodynia hendak hadapi rasa tidak aman ataupun perih, semacam tersengat ataupun dibakar, yang bersifat kronis pada zona vagina serta vulva, tanpa terdapatnya penyebab yang jelas.

Kanker vulva. Kanker vulva tidak sering terjadi, serta biasanya melanda perempuan berumur di atas 60 tahun. Tandanya dimulai dengan tonjolan ataupun cedera pada vulva.

Komplikasi Vulvitis

Vulvitis yang ditangani dengan baik dapat diobati. Bila tidak, keadaan ini dapat menimbulkan komplikasi. Sebagai contoh, gatal- gatal pada organ seksual perempuan ataupun pruritis pada malam hari bisa menimbulkan kendala tidur serta mengurangi kualitas hidup. Tidak hanya itu, perilaku takut serta kendala psikologis yang lain bisa merangsang terbentuknya kendala psikoseksual.

Pemeriksaan terhadap penyakit terjadinya vulvitis wajib dilakukan dengan seksama guna menghasilkan penindakan yang tepat. Sebab tidak hanya akan menyulitkan proses pengobatan, pemicu vulvitis yang tidak ditemukan bisa pula berdampak parah, misalnya kanker vulva.

Pengobatan Vulvitis di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terpercaya di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit Vulvitis akibat infeksi kelamin. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Vulvitis akibat infeksi kelamin dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.