PENYAKIT CHANCROID : GEJALA, BAHAYA, KOMPLIKASI DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Penyakit chancroid ulkus mole
Penyakit Chancroid atau Penyakit Ulkus Mole diakibatkan oleh infeksi kuman.

 

Penahkah kamu mendengar penyakit kelamin chancroid? Mungkin kamu lebih sering mendengar tentang penyakit menular seksual yang cukup umum seperti gonore (kencing bernanah), sifilis dan HIV/ AIDS. Kecuali yang satu ini tentang penyakit menular seksual yang kurang ramah terdengar yaitu Penyakit Chancroid atau Penyakit Ulkus Mole. Seperti apa gejala, penyebab serta penyembuhannya yang perlu diperhatikan? Simak penjelasannya dibawah ini.

Penyakit Chancroid ataupun Ulkus Mole merupakan salah satu penyakit menular seksual ( PMS) yang diakibatkan oleh infeksi kuman. Penyakit ini ditandai dengan terdapatnya ulkus( luka terbuka) pada daerah kemaluan dan sekitarnya. Walaupun sangat gampang menular, penyakit ini sanggup diobati.

Chancroid diakibatkan oleh kuman Haemophilus ducreyi( H. ducreyi) yang melanda jaringan pada zona genital serta memunculkan luka terbuka. Luka terbuka ini bisa mengeluarkan darah ataupun cairan yang kembali menyebarkan kuman H. ducreyi kepada orang lain. Kuman ini hanya memunculkan penyakit pada manusia, tanpa perantara hewan.

 

Gejala Penyakit Chancroid 

Indikasi penyakit ini bisa bermacam- macam pada laki- laki serta perempuan. Umumnya, gejalanya mulai muncul satu hari sampai beberapa minggu sehabis paparan. Indikasi umum dari ulkus mole yakni:

  • Gejala pada pria
    Diawali dengan benjolan kecil berwarna merah pada kemaluan yang berganti jadi luka terbuka( ulkus) dalam waktu 1- 2 hari. Ulkus tersebut umumnya perih.
  • Gejala pada wanita
    Indikasi utama ialah terjadinya 4 benjolan ataupun lebih dengan letak beragam, mulai dari labia( bibir vagina), anus, serta paha. Bila telah tercipta ulkus, bisa terasa terbakar serta perih paling utama dikala berhubungan intim dan buang air kecil maupun besar.

Tidak hanya indikasi utama di atas, terdapat sebagian indikasi lain yang bisa dirasakan baik oleh laki- laki ataupun perempuan, antara lain:

  • Ukuran ulkus bermacam- macam dengan diameter berkisar 0, 5- 5 centimeter.
  • Bagian tengah ulkus lunak dan bercorak abu- abu kekuningan, berbatas tegas, kadangkala berbau tidak sedap.
  • Ulkus mudah berdarah lebih- lebih bila disentuh.
  • Ulkus bisa tercipta pada wilayah anus bila berhubungan intim lewat anus.
  • Pada zona yang berdekatan, apabila bersentuhan maka akan tercipta ulkus juga pada zona yang tersentuh oleh ulkus tersebut( disebut kissing ulcer).
  • Nyeri dikala berhubungan intim atau buang air kecil.
  • Bengkak pada wilayah lipat paha( umumnya hanya salah satu sisi paha). Terkadang bila kelenjar getah bening di zona tersebut membengkak dapat rusak serta membuat saluran keluar melalui kulit, sehingga keluar nanah pada kulit.

 

Apa pemicu Ulkus Mole atau Chancroid?

Chancroid diakibatkan oleh bakteri yang disebut Haemophilus ducreyi. Kuman ini melanda jaringan serta menciptakan luka terbuka yang terkadang disebut sebagai chancroid( kankroid) ataupun ulkus. Luka ini timbul pada atau di dekat organ reproduktif eksternal. Keadaan ini mempengaruhi baik laki- laki ataupun perempuan.

Ulkus bisa berdarah ataupun menciptakan cairan menular yang bisa menyebarkan kuman sepanjang hubungan seksual oral, anal, ataupun vaginal. Kankroid pula bisa menyebar dari kontak kulit ke kulit dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi ini ditemui di banyak bagian dunia, seperti Afrika serta Asia barat daya. Sangat sedikit orang yang di nyatakan dengan infeksi ini di wilayah lain tiap tahunnya. Mayoritas orang di wilayah lain yang didiagnosis dengan penyakit ini biasanya sudah melaksanakan perjalanan ke luar negeri ke wilayah di mana infeksi ini lebih umum.

 

Faktor pemicu Penyakit Chancroid

Apa yang tingkatkan resiko seorang terserang chancroid?

Bila Kamu aktif secara seksual, Kamu kemungkinan berisiko terserang ulkus mole ini. Bila Kamu berpergian ke atau tinggal di negeri yang tidak mempunyai sumber daya yang mencukupi, Kamu dapat jadi lebih berisiko daripada orang yang tinggal di tempat- tempat yang mempunyai sumber daya berlimpah. Sumber daya ini meliputi:

  • Layanan kesehatan
  • Makanan
  • Tempat tinggal
  • Air bersih

 

Bahaya dan Komplikasi Penyakit Chancroid

Penyakit Chancroid ialah salah satu infeksi menular seksual, dan dibutuhkan diagnosis serta menjalani pengecekan merata untuk menentukan keberadaan infeksi menular seksual yang lain, termasuk HIV. Indikasi umumnya berkurang 3- 7 hari sehabis penyembuhan. Waktu untuk penyembuhan bergantung pada besarnya ulkus. Ulkus yang besar dapat memerlukan waktu hingga 2 minggu untuk sembuh total.

Chancroid bisa sembuh tanpa meninggalkan sisa luka bila diatasi dengan baik. Tetapi bila penyembuhan tidak mulus, ulkus bisa bertahan beberapa minggu hingga berbulan- bulan (umumnya 1- 3 bulan). Tidak hanya itu, dapat muncul komplikasi, semacam abses (bisul) besar di lipat paha, infeksi sekunder (tambahan) bakteri lain, atau fimosis (kondisi yang umumnya dirasakan oleh laki- laki yang belum/ tidak disunat, dimana kulup penis menempel pada kepala penis).

Sepanjang masa penyembuhan chancroid, penderita wajib berhenti melaksanakan hubungan seksual, lebih- lebih apabila tidak menggunakan kondom, tunggu sampai luka terbuka sembuh. Pasangan pengidap juga wajib diperiksa serta diatasi tanpa memperhatikan indikasi yang dialami, lebih- lebih bila melaksanakan hubungan seksual dengan pengidap dalam kurun waktu 10 hari saat sebelum indikasi timbul.

 

Diagnosis yang dilakukan

Diagnosis chancroid bisa ditegakkan melalui pengecekan fisik di daerah genital, termasuk pengecekan kelenjar getah bening di pangkal paha. Guna memastikan diagnosis, dibutuhkan pula kultur (pembiakan bakteri lewat media khusus) dari bakteri H. Ducreyi, diperoleh dengan mengambil sampel cairan dari luka tersebut. Tetapi, sayangnya media untuk kulitur ini tidak tersedia secara luas. Dalam melakukan pengecekan, dokter wajib memastikan jika tidak terdapat penyebab lain dari luka terbuka pada zona genital, semacam sifilis dan herpes simpleks.

 

Pemeriksaan oleh Dokter

Dokter akan melaksanakan pemeriksaan terhadap ulkus dan kelenjar getah bening di sekitarnya, serta beberapa pengecekan laboratorium.

Bila positif chancroid, dokter akan melaksanakan pengecekan untuk HIV karna umumnya chancroid kemungkinan besar mengidap HIV. Beberapa indikator yang bisa mengarah pada adanya HIV yakni: reaksi terhadap pengobatan buruk, ulkus multipel( ada banyak luka), dan dasar ulkus bernanah.

 

Pengobatan Penyakit Chancroid di Klinik Pandawa

Apabila kamu memiliki masalah seperti diatas, segera periksakan ke dokter profesional. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit Chancroid. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Chancroid dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *