Kencing Panas? Waspada Infeksi Kelamin!

Normalnya manusia setiap harinya pasti akan buang air kecil. Bisa dibilang kalau buang air kecil adalah sebuah keharusan. Kalau tidak, itu bisa menjadi pertanda bahwa terdapat organ tubuh yang tidak lagi berfungsi dengan baik.

Pernahkah mengalami sensasi tidak aman dikala buang air kecil atau kencing dengan temperatur urine yang lebih hangat dari biasanya? Banyak orang berpikir bila kencing panas terkait dengan kerutinan meminum minuman panas. Apapun temperatur air yang kita minum, baik itu panas maupun dingin akan lekas teratur suhunya sesuai dengan temperatur internal tubuh.

Perihal tersebut berarti, begitu memasuki perut ataupun keluar menjadi air kencing, suhunya akan sesuai dengan temperatur tubuh kita, bukannya seperti dikala kita minum. Tetapi, kencing panas dapat pertanda ada permasalahan kesehatan kamu, lho!

Gejala umum Kencing panas

Sensasi panas kala buang air kecil dapat terasa menyakitkan, dan bahkan dapat menimbulkan seseorang menahan urinenya.

• Pembengkakan di alat kelamin ataupun uretra
  • Keluar cairan dari vagina ataupun Penis
  • Urine berbau tak sedap
  • Kebutuhan buat buang air kecil meningkat
  • Kesusahan buang air kecil
  • Diiringi mual serta muntah
  • Nyeri di punggung ataupun perut

Bagaimana mengatasinya? Perawatan kencing panas bergantung pada penyebabnya. Sebab urine bisa terasa panas karna bermacam penyebabnya, dan karena banyak diagnosis mempunyai gejala yang sama, penting buat kamu menemui dokter saat sebelum mencoba perawatan di rumah.

Lalu apa sajakah penyebab kesehatan yang dapat menimbulkan kencing panas?

Pemicu Kencing Panas

Berikut merupakan sebagian penyebab kesehatan yang terkait dengan gejala kencing terasa panas yang pantas buat diwaspadai:

1. Infeksi saluran kencing( ISK)

Salah satu indikasi awal yang khas selain Infeksi Kelamin yaitu infeksi saluran kencing (ISK). Dimana merupakan sensasi kencing panas ataupun terbakar saat buang air kecil. Walaupun lebih kerap melanda kalangan perempuan, laki- laki pula dapat hadapi perihal ini. Pemicu utama dari infeksi saluran kencing merupakan kuman e. coli yang merambah saluran pembuangan urine kita.

Tidak hanya kencing terasa panas, bisa jadi pula hadapi indikasi lain semacam kencing yang tidak tuntas( menimbulkan kerap ke wc), urine yang berbau menusuk, sampai berkemih ang disertai darah. Bila infeksi saluran kencing tidak kunjung diatasi, dapat jadi peradangan ini dapat menyebar ke ginjal serta menimbulkan dampak kesehatan yang jauh lebih berat.

2. Infeksi kelamin

Pada kalangan hawa, infeksi ini dapat diakibatkan oleh jamur ataupun kuman yang menimbulkan peradangan vagina ataupun vaginitis serta vulvodynia.

Sedangkan itu, peradangan kelamin pada kalangan laki- laki dapat diakibatkan oleh peradangan epididimis atau epididimitis dan peradangan pada prostat.

Epididimistis ialah tabung yang berisi sperma di atas testis. Infeksi ataupun inflamasi pada tabung ini bisa menimbulkan rasa sakit dikala buang air kecil. Laki- laki yang mengidap epididimitis pula bisa jadi hadapi pembengkakan di sekitar testis, rasa sakit pada penis atau testis, serta demam.

Keadaan menyakitkan ini umumnya diakibatkan oleh infeksi kuman ataupun operasi dan bisa diatasi dengan antibiotik serta istirahat.

3. Infeksi menular seksual( IMS)

Sebagian tipe penyakit kelamin seperti klamidia nyatanya pula dapat mengakibatkan timbulnya indikasi kencing panas serta perih dikala buang air kecil. Klamidia pula bisa menimbulkan keluarnya cairan dari vagina maupun penis, serta pada laki- laki bisa menimbulkan testis bengkak ataupun sakit.

Mereka yang melakukan kehidupan seks tidak aman ataupun kerap berubah pasangan cenderung rentan hadapi infeksi menular seksual.

Siapa juga yang sempat melakukan hubungan seksual bisa terserang IMS, meski tadinya dinyatakan negatif. Sebagian pengidap IMS bebas dari indikasi buat waktu yang lama, jadi periode yang lama tanpa indikasi tidak berarti tidak hadapi IMS.

4. Peradangan lainnya

Salah satu cara tubuh melawan peradangan merupakan dengan memanaskan. Inilah sebabnya kenapa orang kerap hadapi demam kala sakit. Kala temperatur urine lebih tinggi dari umumnya, ini berarti seorang hadapi demam.

Demam dapat diakibatkan oleh peradangan di bagian tubuh mana pun, jadi penting untuk mengenali indikasi dan periksakan diri ke dokter bila tidak membaik.

Kala air kencing panas dan terasa terbakar, ini bisa jadi berarti seorang mengidap ISK ataupun infeksi pada ginjal.

5. Timbulnya luka di bagian uretra

Urine yang kita keluarkan dikala buang air kecil bersifat asam. Bila di bagian uretra ataupun lubang tempat mengeluarkan air seni alami luka, maka sifat asam ini jadi pemicu setelah kencing terasa panas serta menimbulkan sensasi nyeri.

Terdapat banyak sekali penyebab timbulnya luka ini, yaitu karena kebiasaan mencukur bulu kemaluan, lecet dikala berhubungan seksual, timbulnya jerawat, serta hal- hal yang lain. Walaupun nampak sepele, bila keadaan ini tidak ditangani dengan baik dapat saja menimbulkan peradangan yang memicu akibat yang jauh lebih parah.

6. Interstitial cystitis

Permasalahan kesehatan ini berlangsung akibat peradangan yang melanda kandung kemih. Gejalanya tidak cuma membuat air kencing panas, tetapi pula rasa perih pada panggul dan terdapatnya tekanan pada kandung kemih. Interstitial cystitis lebih kerap melanda kalangan perempuan daripada kalangan laki- laki.

7. Pasca- melahirkan

Melihat proses persalinan berlangsung begitu berat dan berisiko menimbulkan robekan pada perineum, maka apabila buang air kecil dan urin yang bersigat asam mengenai robekan akibatnya menimbulkan sensasi kencing panas selama beberapa saat.

8. Menopause

Fase menopause membuat perempuan hadapi penyusutan produksi hormon estrogen. Hal ini nyatanya mempengaruhi besar pada keadaan organ vitalnya yang jadi lebih kering. Keadaan ini pula jadi pemicu sehabis berkemih terasa panas.

9. Prostatitis

Prostatitis merupakan pembengkakan, nyeri, serta peradangan pada prostat, umumnya karena infeksi kuman. Laki- laki yang mengidap prostatitis bisa hadapi rasa sakit ataupun sensasi berkemih panas, dan pergantian dalam aliran buang air kecil.

Keadaan tersebut bisa jadi pula menimbulkan mual serta muntah, ataupun sakit sepanjang ejakulasi.

Bahaya serta Komplikasi dari Berkemih Panas

Untuk kamu yang aktif secara seksual serta gonta ganti pasangan, sehingga dengan otomatis bisa terserang infeksi menular seksual akibat hubungan bebas. Sehingga apabila tidak ditangani dengan baik besar pula terserang Penyakit Menular Seksual.

Bila kamu sempat hadapi kencing panas dan terbilang sering baiknya konsultasikan ke dokter yang terpercaya.

Berobat di Klinik Pandawa

Apabila kamu memiliki masalah dengan kencing terasa panas, segera periksakan ke dokter profesional. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit Kencing panas. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Kencing terasa panas dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami. Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.