ALAMI KELAINAN PADA RAMBUT? INI DIA PENYEBABNYA!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kelainan pada Rambut

 

Banyak orang mengalami masalah rambut atau kulit kepala. Rambut mengalami penipisan atau rontok, patah atau tumbuh perlahan. Ketombe atau rasa gatal atau kulit kepala yang terkelupas, bisa menyebabkan rasa malu dan tidak nyaman bagi setiap orang yang mengalaminya. Itu hanya sebagian kecil kelainan pada rambut yang diketahui. Lalu, apa sih penyebabnya?

Kelainan pada rambut dapat terjadi pada batang rambut ataupun akar rambut, di mana penyebabnya bisa saja berasal dari dalam ataupun luar tubuh. Gangguan pada akar rambut secara otomatis akan menyebabkan gangguan pada batang rambut, padahal gangguan pada batang rambut belum tentu hingga menyebabkan gangguan pada akar rambut.

Sementara itu kelainan-kelainan pada rambut yang bisa hingga mempengaruhi akar rambut, semisal rambut yang kusut sehingga waktu disisir banyak yang putus atau tercabut dengan akar rambutnya. Kemudian, infeksi sebab jamur dan bakteri serta keracunan bahan-bahan kimia atau cat rambut yang hingga ke akar rambut.  

Kelainan-kelainan pada akar rambut kebanyakan disebabkan oleh elemen-elemen yang datang dari dalam badan antara lain:

  1. Demam. Hal ini akan menyebabkan kentalnya darah, di samping itu penguapan air sel, sehingga menyebabkan akar rambut rontok dan kusam.
  2. Gangguan keseimbangan hormon. Jikalau hormon tidak seimbang atau mengalami gangguan, maka hal ini akan memperlihatkan kelainan pada akar rambut dan kulit kepala.
  3. Lingkungan. Kondisi air yang digunakan untuk mencuci rambut kotor dan berlumut sehingga menyebabkan rambut kotor dan mudah terkena penyakit. Adanya binatang piaraan yang kurang diperhatikan cara pemeliharaannya. Sering kontak baik secara fisik ataupun benda-benda milik seseorang yang menderita penyakit pada kulit kepala dan rambutnya. Udara yang terlalu lembab dan penggunaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi lembab, lepek, kotor dan mudah ditumbuhi jamur.
  4. Ketidakseimbangan makanan. Makanan amat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Orang yang mengonsumsi makanan tidak seimbang atau memilih makanan-makanan yang disukai saja atau kekurangan protein maupun kelebihan vitamin A, jelas akan membuat kelainan-kelainan pada rambut. Keracunan makanan maupun obat. Seumpama banyak menelan obat-obat kanker. Hal ini akan menyebabkan kerontokan rambut.
  5. Iklim. Menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Udara yang terlalu panas atau dingin akan menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, berketombe, rambut pecah-pecah dan berwarna merah kusam dan rontok.

 

Macam Kelainan Pada Rambut

Adapun sebagian kelainan rambut, meskipun kelainan-kelainan ini terkelompok tak menular, berikut antara lain:

  1. Penyakit mutiara, ialah semacam benda-benda kecil yang melekat pada rambut, bentuknya bulat berwarna abu-abu agak keputih-putihan. Dibagian ini rambut gampang patah dan ujungnya berbelah. Umumnya disebabkan oleh kurang bersihnya pada saat pencucian rambut atau adanya sisa-sisa zat kimia seperti shampo, hair spray (bahan-bahan kosmetika untuk pembenahan rambut). Di samping itu yang paling mendasar lagi ialah adanya kerusakan pada lapisan batang rambut.
  2. Cinities merupakan istilah untuk rambut beruban (rambut putih). Rambut uban terjadi kalau zat warna/pigmen rambut mulai menghilang terdesak oleh hawa luar. Kondisi rambut uban bisa terjadi oleh faktor umur, cacat bawaan, keturunan, dan sebagainya. Di samping itu penyebab cinities ini juga karena suatu penyakit semisal lepra atau stres, banyak pikiran dan sebagainya.Cinities ada 2 macam antara lain: 1) Congenital Cinities, ini terjadi sejak lahir. Rambut yang tidak ada zat warna (pigmen) dan kadang-kadang terdapat disekelompok rambut kepala.  2) Acquire Cinities, timbul setelah orang mulai berumur atau memasuki umur dewasa. Biasanya ini disebabkan oleh depresi mental, kecemasan, nervous, sakit yang lama atau sakit bawaan.
  1. Trichoclasia merupakan penyakit rambut yang ditandai dengan timbulnya simpul-simpul pada batang rambut yang berwarna putih-putih seperti penyakit mutiara. Ini disebabkan sebab matrix rambut terganggu. Bila selang seling putih-putih hal yang demikian sudah mulai timbul, maka rambut akan mudah putus-putus (rapuh), sebab tidak mendapatkan oksigen yang merata pada setiap batang rambut.
  2. Trichoptilosis, merupakan kondisi ujung rambut yang alami pecah-pecah atau bercabang menyerupai serabut. ini timbul sebab kurang perawatan, di samping itu juga disebabkan gizi yang tidak seimbang, metode penggunaan kosmetik yang kurang pantas/tidak tepat, sering terkena terik matahari dan terlalu sering menerapkan alat-alat listrik untuk perawatan rambut.
  3. Hypertrichosis/hirsutisme merupakan suatu istilah untuk rambut yang tumbuh melebar dan tebal secara berlebih.
  4. Trichorhexis Nodosa merupakan rambut yang pada jarak tertentu tampak/menebal dan didekat benjolan itu rambut pecah seperti serabut pada bagian ujungnya dan kadang terjadi simpul-simpul. Hal ini disebabkan sebab rambut kekurangan minyak dan zat protein, sehingga terjadi kemunduran pada kwalitas keratin batang rambut.
  5. Monilethri/monilethria yakni pada jarak tertentu dibatang rambut tumbuh semacam kelainanyaitu tumbuh rambut secara menebal dan kemudian menipis lalu putus-putus, sesudah itu ujung-ujung rambut juga seperti serabut. Penyebab yang utama merupakan sebab keturunan.
  6. Alopecia, atau disebut kebotakan merupakan kelainan rambut rontok secara terus menerus sampai kepala mengalami kebotakan, yang tak jarang mengalami kerontokan yang berpengaruh plontos.

 

Treatment Mengatasi Kelainan pada Rambut di Klinik Estetika Pandawa ?

Saat pasien dengan gangguan atau kelainan pada rambut seperti rontok, kebotakan (alopecia), dermatitis seboroik datang ke Klinik Kami, tim dokter akan melakukan anamnesis (wawancara), memeriksa, lalu melakukan diagnosa dan memberikan rekomendasi treatment yang cocok sesuai kondisi pasien.

Klinik Pandawa mempunyai fasilitas yang amat memadai serta alat-alat medis yang modern dan lengkap dalam penanganan kelainan pada rambut dengan berjenis-jenis penyebabnya.

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis estetika dan skin care terbaik di Jakarta. Proses tindakan yang cepat dan aman menjadi jaminan kualitas di Klinik Kami.  Dokter ahli dan profesional yang dimiliki mampu memberikan treatment terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi.

 

Treatment lainnya yang ada di Klinik Estetika Pandawa

  • Rosacea, dan Acne
  • Skin Rejuvenation, dan Infus Whitening
  • Hair Removal, dan Hair Loss
  • Scar Acne, dan Filler
  • Selulit, dan Tattoo Removal
  • Lentigo dan Tanam Benang
  • Melasma, dan Tanda lahir
  • Hiperpigmentasi, dan Freckles

Alat penunjang Aesthetic dan Skin Care di Klinik Estetika Pandawa

  • Dermalinfusion Silkpeel Treatment
  • Venus Versa (Multi Modalitas Skin Treatment)
  • Lutronic Spectra XT Laser Nd: YAG
  • Celluma Series Sinar LED
  • Hairmax Laser
  • Nanopore Stylush Microneedle
  • IPL Hair Removal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Segera Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter ahli Kami