Ini Dia 5 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

Gatal Pada Selangkangan Bikin Risih, Ini Dia 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

gatal pada selangkangan bikin risih ini dia penyebabnya

Gatal Pada Selangkangan Bikin Risih, Ini Dia 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya! – Sahabat Pandawa pastinya pernah mengalami gatal-gatal termasuk gatal di selangkangan. Rasa gatal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gatal di selangkangan dapat dialami oleh pria maupun wanita. Rasa gatal ini ditandai dengan gejala iritasi yang membuat kulit sekitar area timbul ruam-ruam kemerahan. Penyebab gatal pada selangkangan pun banyak, Anda pun harus mengetahui pemicu dan cara mengatasi gatal pada selangkangan.

Ciri-ciri gatal pada selangkangan

Gatal pada selangkangan bisa dialami siapa saja. Namun, risikonya lebih tinggi bagi orang gemuk, penderita diabetes, dan orang dengan daya tahan tubuh lemah. Dilansir dari Healthline, gatal di selangkangan umumnya ditandai beberapa ciri-ciri, di antaranya:

• Kulit kemerahan
  • Gatal terus-menerus
  • Ada sensasi panas di area gatal
  • Kulit kering terkadang sampai mengelupas
  • Ruam memburuk saat area sekitar lembap

Menurut Mayo Clinic juga, rasa gatal ini biasanya berawal dari kulit kemerahan di lipatan selangkangan. Iritasi tersebut lama-kelamaan menjalar ke paha atas, sehingga luka bekas ruam terlihat seperti separuh lingkaran. Bentuk ruam normalnya dikelilingi garis lepuh yang kecil. Ketika sedang teriritasi, kulit terasa gatal dan bersisik.

5 Penyebab Gatal pada selangkangan

1. Infeksi Jamur

Penyebab gatal pada selangkangan pertama adalah infeksi jamur. Area selangkangan menjadi salah satu lokasi paling strategis untuk jamur berkembang biak dengan cepat oleh karena berada di area lembap dan hangat. Pasalnya penyebab gatal di selangkangan ini adalah akibat dari infeksi jamur di bagian terluar dari kulit, terutama di daerah selangkangan.

Yaitu jamur Tinea cruris yakni infeksi dermatofit pada area selangkangan yang dikenal sebagai kurap. Sebenarnya jamur penyebab kurap ini secara alami hidup di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati. Beberapa kasus, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Hanya saja, jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah yang hinggapinya hangat dan lembap.

1. Kutu Kelamin

Penyebab gatal pada selangkangan selanjutnya adalah adanya kutu di kelamin. Tahukah Sahabat Pandawa, bila tak hanya di rambut kepala saja yang bisa kutu-an. Tetapi kemaluan pun bisa. Kutu jenis ini juga bisa ditemukan di rambut dada, perut, ketiak, kaki, janggut, kumis, bulu mata, bahkan alias. Tetapi, beda dengan kutu biasa, kutu kelamin tidak tinggal di kulit rambut. Kutu ini menyebar lewat kontak fisik yang berdekatan, atau seringkali melalui kontak seksual.

Kutu kelamin atau Phthirus pubis yakni serangga parasit kecil yang tinggal di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan ini. Apabila dilihat dengan kaca pembesar penampakkannya seperti kepiting, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan berwarna kekuningan, abu-abu, atau kecoklatan.

1. Herpes Genital

Penyebab gatal pada selangkangan selanjutnya yaitu karena Herpes Genital atau Herpes Kelamin. Untuk sebagian orang, gatal di selangkangan dapat menjadi ciri ataupun pertanda awal penyakit kelamin menular, yang diakibatkan oleh virus herpes. Situasi ini menimbulkan zona kemaluan jadi bengkak, terasa panas, bercorak kemerahan, serta perih.

Tidak cuma di area kemaluan saja, tonjolan basah yang disebut lentingan ini bisa timbul di dekat mulut serta zona anus. Bila Kamu sempat hadapi ciri tersebut dan bersifat kambuhan, bisa jadi Anda terserang herpes genital. Alasannya, herpes menimbulkan pertanda yang berulang.

1. Penyakit Kelamin Menular

Penyebab gatal pada selangkangan selanjutnya yaitu penyakit kelamin menular atau infeksi menular seksual. Hubungan intim yang tak aman dapat menimbulkan penyakit kelamin menular, serta banyak dari penyakit ini membuat selangkangan jadi terasa gatal. Tidak hanya herpes genital, sebagian penyakit kemaluan yang biasa terjadi merupakan klamidia, trikomoniasis, serta gonore.

Sensasi gatal di selangkangan dapat berkembang menjadi rasa nyeri erta sensasi panas. Bila Anda hadapi selangkangan gatal diiringi oleh ciri klasik lain dari penyakit kelamin, semacam Miss V gatal, perih dikala buang air kecil, keputihan beraroma menyengat, serta sakit dikala berhubunga seks, lekas mendatangi dokter Anda.

Jika Anda membutuhkan tes penyakit kelamin, ajukan pada dokter Anda. Bicarakan mengenai kekhawatiran Anda dan pemeriksaan spesifik apa yang diinginkan.

1. Dermatitis Kontak

Penyebab gatal pada selangkangan selanjutnya yaitu dermatitis kontak. Dermatitis kontak bisa mempengaruhi bagian badan manapun tercantum akar pukang. Terdapat 2 tipe dermatitis kontak, ialah alergi serta iritasi. Dermatitis kontak alergi timbul pada banyak orang yang sensitif kepada zat khusus yang tidak beresiko. Perihal ini bisa terjalin kala seorang hadapi kontak dengan sabun, shampo, serta apalagi deterjen.

Sebaliknya dermatitis kontak iritasi merupakan kala kulit hadapi iritasi dari sesuatu zat walaupun tidak mempunyai alergi kepada zat khusus. Iritasi bisa bermacam- macam mulai dari keringat, kemih, kotoran, kosmetik, sampai perhiasan( umumnya dengan tindikan) serta busana kencang dapat pula jadi pemicu gatal di selangkangan. Pada biasanya gatal akibat dermatitis kontak tidak akut, tetapi bisa mengusik.

Bagaimana Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan?

Bila gatal selangkangan belum pulih, dokter akan memberikan salep, bubuk, atau semprotan antijamur yang dapat dibeli di apotek. Sahabat Pandawa perlu membalurkan obat antijamur kurang lebih satu sampai dua minggu, meski ruam-ruam karena gatal selangkangan sudah hilang.

Pastikan Sahabat Pandawa tidak sembarang memilih obat gatal selangkangan. Sebab, jenis obat gatal selangkangan harus disesuaikan dengan penyebab gatal yang Anda alami.

Cara lain mengatasi gatal pada selangkangan adalah dengan memastikan alat kelamin Anda kering, tidak lembap dan bersih, tidak menggaruknya karena akan menimbulkan infeksi baru, menghindari pakaian yang ketat, serta konsultasikan pada dokter ahli.

Jika Sahabat Pandawa merasakan gejala dan ciri-ciri di atas atau perubahan di area vital, segera konsultasikan pada dokter kami. Klinik Pandawa ahli dalam menangani penyakit gatal di selangkangan, penyakit kulit dan kelamin serta penyakit menular seksual.

Hubungi layanan konsultasi kami untuk pengobatan dan informasi lebih lanjut dengan menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin