Pria Perlu Tahu Berikut Ciri Sperma Tidak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

ciri ciri sperma tidak sehat

 

Bagi Sahabat Pandawa yang sedang mendambakan sang buah hati perlu memperhatikan satu ini. Keberhasilan untuk mempunyai sang buah hati tak hanya ditentukan oleh seberapa sering Anda berhubungan suami istri atau mencoba gaya-gaya tertentu. Tapi juga perlu memperhatikan kualitas sperma yang dimana merupakan salah satu faktor penentu agar bisa membuahi sel telur. Seperti sperma sehat dan subur, bagaimana dengan ciri-ciri sperma tidak sehat, Anda dan pasangan juga perlu mengetahuinya.

Untuk mengetahui kondisi kualitas sperma secara pasti tentu Anda harus melakukan pemeriksaan melalui lab. Namun bisa juga untuk mengetahui kesehatan sperma yang dimiliki, bisa dilihat dengan kasat mata, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter.

Adapun cara untuk mengetahui ciri-ciri sperma yang tidak sehat,

Ragam ciri-ciri sperma tidak sehat

Melansir dari mayo clinic, kualitas sperma bisa ditentukan dari bentuk, jumlah dan kemampuan geraknya. Kelainan pada ketiga faktor ini bisa menjadi penanda suatu keadaan tertentu yang menyebabkan penurunan kualitas sperma. Adapun ciri-ciri sperma tidak sehat, diantaranya:

  1. Jumlah sperma terlalu dikit

Normalnya, seorang pria mampu menghasilkan semen (cairan sperma) yang mengandung lebih dari 15 juta sel sperma per mililiternya. Bilamana jumlahnya dibawah dari angka tersebut, hal tersebut dapat menjadi pertanda ciri sperma Anda termasuk tidak sehat.

Sebagian pria bahkan bisa mengalami azoospermia, yaitu kondisi dimana semen tak mengandung sel sperma sama sekali. Tentunya, kondisi ini bisa menurunkan peluang Anda untuk mempunyai anak karena sperma cenderung sedikit yang bersaing menuju sel telur.

Jika dilihat dengan mata telanjang, semen yang mengandung sedikit sel sperma akan berupa lebih encer dan berair. Oleh karena teksturnya encer, semen juga tidak terlalu lengket seperti pada umumnya. Jika diamati dengan saksama, warna semen tak lagi putih pekat ataupun abu-abu. Mungkin Anda mendapati warnanya lebih pudar atau cenderung bening serupa dengan air.

  1. Kelainan sel sperma

Kualitas sperma pada sel nya yang normal mempunyai kepala yakni berbentuk lonjong dengan ekor yang panjang. Sedangkan sel sperma yang tidak sehat mempunyai ciri khas berupa kelainan bentuk, baik pada kepala, ekor, maupun bagian lainnya.

Setiap pria pada umumnya bisa menghasilkan sperma dengan bentuk yang tidak normal atau kelainan. Jumlah sperma yang tidak normal bahkan dapat menyamai jumlah sperma yang sehat. Kondisi ini terbilang wajar selama sperma yang sehat bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sayangnya, untuk bentuk sel sperma tidak bisa dideteksi dengan mata telanjang.

  1. Sperma tidak cukup lincah

Sel-sel sperma seharusnya mampu berenang dengan lincah dan cepat menyusuri mulut rahim hingga sampai pada tuba falopi untuk menembus dan membuahi sel telur. Kurangnya kemampuan ini menjadi ciri lain dari sel sperma yang kurang sehat. Berkurangnya kecepatan dan kelincahan sperma dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gangguan fungsi organ reproduksi yang dibawa sejak lahir hingga infeksi, cedera, operasi, serta kelainan fungsi dan bentuk testis.

Kelincahan sel sperma juga bisa diukur melalui uji analisis sperma. Hasil tes memberikan gambaran persentase sel sperma yang mampu bergerak. Sel sperma terbilang tidak sehat bila yang mampu bergerak kurang dari 32 persen.

Ciri-ciri sperma tidak sehat dilihat dari jumlahnya yang sedikit, bentuknya yang tidak normal, serta kemampuan geraknya yang terbatas. Oleh karena itu, metode terbaik untuk menguji kualitas sperma Anda yakni dengan menjalani pemeriksaan laboratorium.

Cara mendapatkan sperma yang sehat

Berikut cara meningkatkan kualitas sperma yang bisa Anda lakukan:

  • Kelola stress. Langkah selanjutnya yang bisa Anda ambil untuk meningkatkan kualitas sperma agar tetap sehat dan baik adalah mengelola stres. Anda tidak perlu berlarut-larut dalam tekanan, karena hal tersebut bisa memicu stres.Alasannya, stres yang berlebihan bisa mempengaruhi kerja hormon yang memproduksi sperma hingga gairah seksual yang menurun. Akan lebih baik jika Anda melakukan hobi atau hal-hal lain yang Anda sukai untuk menetralisir perasaan Anda. Anda juga bisa berolahraga untuk meredakan stres.

  • Hindari alcohol dan rokok. Upaya memiliki ciri sperma yang sehat, cobalah menghindari alkohol yang dapat memengaruhi kesuburan Anda. Pasalnya, alkohol dapat memberi pengaruh pada kerja hormon testosteron, sehingga bisa menurunkan kerja sperma. Selain itu, hindari merokok karena kemungkinan ada dampak merokok terhadap kesuburan . Hindari keduanya untuk mendapatkan sperma yang lebih sehat.

  • Cara yang bisa Anda coba untuk memiliki ciri sperma sehat adalah dengan rajin berolahraga. Olahragalah secara teratur, tapi jangan sampai melebihi batas. Olahraga mampu memperbaiki kualitas sperma dari segi struktur, kuantitas, dan pergerakan. Hindari aktivitas fisik yang berat karena dapat meningkatkan hormon stres dan menurunkan kualitas semen.

 

Jika Anda penasaran apakah Anda memiliki ciri sperma sehat di atas, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan kualitas sperma.

Kapan harus ke dokter?

Bagi pasutri yang tengah mendambakan momongan, ada banyak penanganan tersedia untuk mengatasi ciri-ciri sperma tidak sehat dan meningkatkan kualitas sperma. Berkonsultasilah ke dokter untuk mendiskusikan pilihan pengobatan terbaik untuk Anda sesuai diagnosis kondisi Anda dan pasangan. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi kualitas sperma tidak sehat.

Klinik Pandawa juga turut memberikan layanan kesehatan andrologi bagi Sahabat Pandawa yang memiliki masalah seputar reproduksi, kulit dan kelamin. Segera hubungi layanan konsultasi dokter online kami tanpa dipungut biaya dan dapatkan informasi lebih lanjut melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Segera Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter ahli Kami