Rasa Gatal dan Nyeri di Vagina Disebabkan Penyakit Vaginitis

Setiap perempuan beresiko mengalami peradangan pada vagina (vaginitis). Hal ini dikarenakan vagina adalah organ terluar tubuh dan merupakan area atau habitat untuk flora normal atau bakteri hidup. Pada kondisi tertentu vagina bisa mengalami peradangan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor penyebab. Perempuan yang mengalami peradangan vagina (vaginitis) cukup tersiksa dikarenakan sangat nyeri saat buang air kecil atau terkena air atau gesekan saat berjalan. Jangan anggap ringan dengan penyakit vaginitis. Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Vaginitis ?, Apa Saja Gejala Dari Penyakit Vaginitis ?,  Apa Saja Gejala Dari Penyakit Vaginitis ?, Apa Saja Penyebab Penyakit Vaginitis ?, Apa Saja Faktor Risiko Wanita Bisa Terkena Penyakit Vaginitis ?, Apa Saja Komplikasi dan Bahaya Penyakit Vaginitis ?, Bagaimana Pengobatan Penyakit Vaginitis Di Klinik Pandawa?

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Vaginitis ?

Penyakit Vaginitis adalah peradangan terhadap Vagina. Hal tersebut yang dapat mengakibatkan gatal dan nyeri, dan sering dikaitkan dengan iritasi atau infeksi vulva. Penyakit vaginitis biasanya biasanya disebabkan oleh infeksi. Banyak wanita yang mengalami penyakit vaginitis tidak menyadarinya dan membiarkan penyakit ini hingga menimbulkan banyak keluhan. Vaginitis merupakan peradangan yang terjadi di vagina yang disebabkan  karena adanya infeksi bakteri, virus, jamur, ataupun mikroba. Gejala dan prognosis penyakit vaginitis ini berbeda-beda bergantung pada apa penyebab infeksinya.  Vaginitis (radang vagina) memang tidak banyak yang mengetahui, kebanyakan hanya mengetahui apa itu penyakit kanker serviks, kanker payudara, endometriosis, atau mioma. Perlu diketahui penyakit vaginitis tidak dapat disepelekan, karena bisa  menjadi pengantar dari penyakit-penyakit yang lebih serius. Vaginitis dapat disertai dengan gejala tetapi ada juga asimtomatik (tanpa gejala).

Apa Saja Gejala Dari Penyakit Vaginitis ?

Ada beberapa gejala yang sering timbul pada pasien dengan penyakit vaginitis antara lain :

• Gatal-gatal, iritasi dan nyeri vagina
  • Peradangan (kemerahan, dan pembengkakan) pada labia majora, labia minora, atau daerah perineum
  • Keputihan kuning, kehijauan, seperti ampas tahu
  • Cairan vagina yang berlebih
  • Vagina berbau tidak sedap (busuk)
  • Nyeri/iritasi saat berhubungan seksual

Apa Saja Penyebab Penyakit Vaginitis ?

Penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh adanya iritasi chemical, trauma saat berhubungan seksual atau adanya berbagai macam kuman yang ditularkan. Penyakit vaginitis ini bisa disebabkan oleh berbagai macam kuman antara lain :

• Bakteri vaginosis, terjadi karenya adanya pertumbuhan berlebihan salah satu dari beberapa organisme yang ada dalam vagina (umumnya karena bakteri Gardnerella vaginalis). Akibat berganti-ganti pasangan, serta wanita akseptor kontrasepsi IUD lebih beresiko terkena vaginosis bakteri.
  • Infeksi jamur, terjadi ketika lingkungan yang normal dalam vagina mengalami beberapa perubahan yang memicu pertumbuhan berlebihan dari jenis jamur candida albicans, Candida tropicalis, dan Candida glabrata.
  • Trikomoniasis adalah infeksi penyakit menular seksual disebabkan oleh parasit, dan biasa disebut Trichomonas vaginalis. Organisme ini menular selama hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Trikomoniasis biasanya menginfeksi vagina wanita dan tidak merasakan gejala.
  • Infeksi organisme yang disebabkan oleh: chlamydia, mycoplasma hominis, herpes simpleks, campylobacter.
  • Penggunaan yang tidak higienis seperti penggunaa tampon (pembalut), kondom, sisa tissue .
  • Douche, sabun wangi, dan pencuci vagina dapat menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi jaringan vulva dan vagina.
  • Kasus vaginitis disebabkan oleh bakteri vaginosis 40-50%, kandidiasis vagina 20-25%, dan trikomoniasis, 15-20%. Seorang wanita mungkin memiliki kombinasi dari infeksi tersebut di vagina.

Apa Saja Faktor Risiko Wanita Bisa Terkena Penyakit Vaginitis ?

Ada banyak faktor resiko wanita terkena penyakit vaginitis, selain penyebab, resiko terdapat juga faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit vaginitis ini. Faktor-faktor risiko tersebut antara lain :

• Penyakit diabetes
  • Aktif berhubungan seks, terutama jika memiliki lebih dari satu pasangan
  • Terinfeksi penyakit menular seksual
  • Efek samping obat-obatan, seperti antibiotik dan steroid
  • Menggunakan pencuci vagina, seperti; sabun sirih
  • Menggunakan pakaian lembap atau ketat

Apa Saja Komplikasi dan Bahaya Penyakit Vaginitis ?

Ada banyak wanita yang tidak memahami bahaya dan komplikasi penyakit vaginitis sehingga seringkali tidak begitu dihiraukan atau diobati sekedarnya saja. Beberapa komplikasi dan bahaya penyakit vaginitis antara lain :

• Iritasi vagina sampai timbul ulkus (canchroid)
  • Kelahiran premature
  • Infeksi post partum (pasca melahirkan)
  • Penyakit radang panggul
  • Infertilitas (gangguan kesuburan)
  • Resiko terinfeksi penyakit menular seksual seperti; gonore, herpes, kutil kelamin
  • Infeksi saluran kemih sampai ke ginjal
  • Erosi serviks sampai ke kanker serviks

Bagaimana Pengobatan Penyakit Vaginitis Di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Vaginitis disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit vaginitis ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.