Penyebab Penyakit Keputihan Patologis pada Wanita (Leukorea)

penyebab penyakit keputihan patologis pada wanita (leukorea) bisa disebabkan oleh bakteri gardnella, monilia atau jamur candida, parasit trichomonas, dll.

Keputihan sebenarnya merupakan bagian dari masalah kesehatan reproduksi yang normal dan sering terjadi pada wanita, terutama pada masa remaja. Pada Data awal sebanyak 53,3% memiliki pengetahuan tinggi tentang keputihan, dan untuk wanita yang kurang tahu tentang keputihan ada 46,7%. Dan Sebanyak 80% dalam mencegah keputihan patologis masih kurang tepat dan untuk 20% diantaranya sudah tepat dalam melakukan tindakan pencegahan keputihan patologis. Yang perlu diketahui  adalah ada banyak faktor yang dapat menyebabkan keputihan pada remaja seperti faktor pendukung, yaitu faktor fisiologis dan faktor patologis. Apa saja bahaya keputihan patologis (leukorea) ? Apa saja penyebab keputihan patologis itu (leukorea) ? apa saja? Apakah kita boleh berhubungan seksual pada saat keputihan (leukorea) ? Bagaimana pengobatan keputihan patologis (leukorea) di klinik pandawa?

Apa Saja Bahaya Penyakit Keputihan Patologis (Leukorea) ?

Penyakit Keputihan Patologis (leukorea) yaitu keputihan yang tidak normal yang terjadi pada vagina wanita karena adanya infeksi, erosi serviks, keganasan dan gangguan hormonal.  Infeksi yang terjadi pada penyakit keputihan di vagina bisa disebabkan oleh jamur, virus, bakteri, dan parasit seperti Trichomonas vaginalis.

Penyakit keputihan patologis (leukorea) bisa disebabkan oleh erosi serviks dimana erosi serviks sendiri bisa karena adanya iritasi dan infeksi juga. Penyebab iritasi antara lain iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan pembalut, dan alat kontrasepsi. Infeksi yang pada umumnya didapatkan dari hubungan seksual bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit.

Penyakit keputihan patologis (leukorea) umumnya memiliki gejala berupa cairan berwarna putih kekuningan hingga kehijauan, jumlahnya banyak bahkan bisa sampai tembus dari celana dalam, kental, lengket, berbau yang tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan dapat menimbulkan luka di daerah mulut vagina. Penyakit keputihan (leukorea) yang seperti jenis ini harus diwaspadai mengingat dapat menyebabkan kanker leher rahim (cancer serviks). Jadi penyakit keputihan patologis (leukorea) harus segera diperiksakan ke dokter untuk  dicari penyebabnya dan diobati secara adekuat sejak dini.

Apa Saja Penyebab Penyakit Keputihan Patologis (Leukorea) ?

1. Infeksi

Beberapa kuman yang sering menyebabkan penyakit keputihan patologis (leukorea) antara lain :

• Bakteri Gardnella

Pada sebagian besar wanita yang mengalami infeksi vagina bacterial Gardnella ini bisa tanpa merasa gejala tetentu. Penyakit keputihan patologis (leukorea) yang terjadi biasanya encer, berwarna putih keabu-abuan atau kuning kehijauan, berair, berbuih, dan berbau amis (fishy odor). Bau akan lebih menyengat setelah melakukan hubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak sedap. Jika hanya ditemukan iritasi didaerah vagina seperti gatal biasanya masih dalam tingkat lebih ringan dari pada keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans atau Trichomonas vaginalis

• Monilia atau Jamur Candida

Penyakit keputihan patologis (leukorea) yang diakibat jamur candida ini akan berwarna putih susu, kental, berbau agak menusuk, disertai rasa gatal pada vagina, mengakibatkan mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Keputihan karena Monilia atau jamur candida ini biasanya dipicu oleh pemakaian pil KB, kehamilan, penyakit kencing manis, dan rendahnya daya tahan tubuh.

• Parasit Trichomonas Vaginalis

Pada parasit Trichomonas vaginalis penularanya lewat hubungan seks sehingga bisa disebut sebagai Penyakit Menular Seksual (PMS), tapi selain PMS juga dapat lewat peralatan mandi, atau bibir kloset yang telah terkontaminasi. Keluhan yang timbul antara lain adanya cairan keputihan yang sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Penyakit keputihan patologis (leukorea) karena parasit Trichomonas Vaginalis ini tidak menyebabkan gatal, tapi nyeri bila liang vagina ditekan.

• Virus

Penyakit keputihan patologis (leukorea) akibat terinfeksi virus sering juga menimbulkan penyakit kelamin seperti kutil kelamin (condyloma), herpes, HIV/AIDS. Pada kutil kelamin (Condyloma) ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang banyak disertai cairan berbau. Penyakit ini sering menyerang pada wanita hamil. Sedangkan virus yang penularannya melalui hubungan badan disebut dengan virus herpes simpleks. Gejala yang dirasakan seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Kasus ini sangat perlu diwaspadai karena keputihan akibat terinfeksi virus yang dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker rahim (kancer serviks). Penyakit keputihan patologis (leukorea) akibat terinfeksi virus yang dibiarkan dan tidak diobati dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kemandulan.

1. Keputihan pada Saat Hamil

Meskipun keputihan disaat kehamilan termasuk dalam keputihan fisiologis, yang artinya keadaan normal, perlu juga diwaspadai kadar dari keputihan tersebut. Pada Umumnya penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida spesies. Wanita hamil bisa terkena keputihan sejak awal kehamilan sampai dengan trimester akhir menjelang persalinan. Namun jika Penyakit keputihan patologis (leukorea) karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi. Contoh;

• Infeksi Chlamydia dapat mengakibatkan keguguran dan persalinan prematur.
  • Untuk Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis).
  • Infeksi jamur Candida spesies dapat menyebabkan risiko terjadinya penyakit ayan (epilepsi).
  • Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring (tumor pada jalan pernafasan) pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian.

1. Hubungan Seks Saat Keputihan

Apabila seorang wanita sudah melakukan hubungan seks, maka wanita tersebut mudah sekali terkena kuman yang berasal dari luar. Oleh sebab itu Penyakit keputihan patologis (leukorea) pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan seks tersebut. Hindari hubungan seks pada saat sedang ada masalah Penyakit keputihan patologis (leukorea) yang tidak normal.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Keputihan (Leukorea) ?

Beberapa tips yang bisa membantu mencegah terkena Penyakit keputihan patologis (leukorea) antara lain :

1. Menjaga kebersihan daerah vagina
  2. Menghindari bergantian celana dalam dengan teman
  3. Menghindari penggunaan handuk bersamaan (suka tukar-tukaran handuk )
  4. Sangat berhati-hatilah dalam menggunakan sarana toilet umum.
  5. Jangan memberi bedak/talk pada daerah vagina jika terasa gatal. Karena bisa menimbulkan keganasan kanker indung telur (cancer ovarium).
  6. Jangan menggunakan celana yang berbahan nilon/terlalu ketat, disarankan lebih baik katun karena menyerap keringat.
  7. Hindari bergonta ganti pasangan seksual (seks bebas)
  8. Melakukan papsmear disetiap tahunnya bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual untuk mendeteksi sel yang ada di mulut rahim dan leher rahim

Bagaimana Pengobatan Penyakit Keputihan Patologis (Leukorea) di Klinik Pandawa?

Klinik pandawa merupakan salah satu klinik ginekologi terbaik di Jakarta yang banyak dan khusus menangani Penyakit keputihan patologis (leukorea) dan penyakit kelamin lainnya. Dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Selanjutnya dokter akan memberikan rekomendasi pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyebab dari Penyakit keputihan patologis (leukorea). Dokter akan mengedukasi dan mengobati pasien sesuai dengan hasil laboratorium supaya pengobatan tepat sasaran dan efektif dengan hasil maksimal.

Kenapa anda perlu berobat dengan dokter klinik pandawa ?

• Klinik pandawa berpengalaman bertahun-tahun dalam hal mengobati Penyakit keputihan patologis (leukorea) dan penyait kelamin lainnya.
  • Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman serta memiliki asisten yang berpengalaman.
  • Segala fasilitas dan sarana medis untuk pemeriksaan dan pengobatan lengkap dan modern.
  • Semua ruangan full AC
  • Biaya berobat ke klinik pandawa relative murah dan terjangkau dibanding rumah sakit dan klinik sekitarnya dijakarta.
  • Dokter dan perawat yang ramah dan santun
  • Klinik Pandawa juga sudah banyak menangani pasien dengan keputihan dan rata-rata banyak pasien menyatakan puas dan sembuh

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.