Penyebab dan Gejala Herpes Genital

herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) yang menyakitkan dan berbentuk benjolan. kenali penyebab dan gejala nya.

Apa Itu Penyakit Herpes Genital?

Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) yang menyebabkan luka herpetic (lecet yang menyakitkan) dan berbentuk benjolan berisi cairan yang dapat memecah dan mengeluarkan cairan yang sangat mudah menular, Sekitar 16 persen orang berusia antara 14 dan 49 tahun mengalami Herpes Genital.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Herpes Genital?

Herpes Genital dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan seseorang yang mengidap virus, termasuk kontak dengan kulit yang terinfeksi sewaktu melakukan seks. Cold sores atau lepuhan kecil di mulut dapat menyebar ke kemaluan sewaktu seks dengan menggunakan mulut (Oral Seks).  Apabila seseorang telah mendapat virus ini sebelumnya, maka virus ini akan tetap berada pada syaraf di daerah kulit yang terinfeksi dan tetap dormant (tidur) untuk beberapa waktu, Banyak orang yang sudah terinfeksi herpes mengalami periode dorman, di mana virus masih terdapat dalam sistem tubuh penderita, namun tidak ada gejala. Pada periode ini orang yang terinfeksi terlihat sehat tanpa ada luka. Namun beberapa keadaan di bawah dapat menyebabkan terjadinya outbreak atau Kondisi sakit umum (sedang-berat) Kelelahan Stres fisik dan emosional Penurunan daya tahan tubuh (imunosupresi) akibat AIDS, kemoterapi, atau steroid Trauma di area luka (akibat aktifitas seksual) Menstruasi, kemudian merebak kembali hingga  menyebabkan sores.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Genital ?

Ketika seseorang tertular pertama kali, mungkin tidak terdapat sores atau lepuhan kecil. Dan banyak orang yang mengidap herpes kemaluan tidak mengetahui gejala-gejalanya. Periode herpes pertama kali biasanya adalah situasi yang terparah. Secara umum anda merasa tidak sehat seperti saat menderita flu, lalu timbul lepuhan-lepuhan kecil yang terasa sakit kemudian pecah dan menimbulkan keropeng atau koreng, pada akhirnya kulit sembuh setelah 1 atau 2 minggu. Pada wanita, lepuhan atau sores dapat timbul disekitar vagina, uretra, serviks atau di antara vagina dan dubur. Pada pria lepuhan dapat timbul pada penis dan kulit ujung serta di dalam uretra, zakar atau di daerah antara penis dan dubur. Pada kondisi ini sangat terasa sakit ketika mengeluarkan air seni. lepuhan dapat timbul di pantat, tubuh belakang bawah dan daerah lain di bawah pinggang, juga pada tangan, payudara, tubuh belakang, jari, dan dimana-mana yang telah menyentuh daerah yang terinfeksi. Banyak kasus herpes kemaluan yang tidak memperlihatkan lepuhan. Terlihat seperti kemerahan dan gelembung kecil yang banyak, kulit pecah-pecah atau kondisi kulit lainnya pada daerah kemaluan. Walaupun sores herpes terlihat sudah sembuh, namun virusnya tetap tinggal dalam tubuh, dan dapat kambuh kembali.

Gejala penyakit Herpes Genetal secara umum dapat dilihat sebagai berikut :

• Sekitar alat kelamin terasa gatal, terbakar dan nyeri.
  • Dalam beberapa saat akan timbul bintik-bintik merah, dan melepuh yang menyakitkan
  • Kemudia Lepuhan tersebut akan pecah menjadi luka, dan perlahan-lahan kering, bersisik dan mungkin hilang dalam waktu 5 sampai 15 hari. Penyakit ini membuat orang berpikir keliru tetapi sebenarnya virus terus tumbuh dalam tubuh pasien.
  • Selain gejala yang tercantum di atas, pasien penyakit herpes kelamin juga disertai dengan gejala seperti demam, kelelahan, sakit kepala, getah bening, sakit saat buang air kecil.
  • Selain itu lepuhan dapat terjadi atau menular melalui mulut atau anus, apabila pasien melakukan hubungan seks oral dan

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Herpes Genetal apabila tidak segera diobati?

Apabila penyakit Herpes Genetal tidak segera diobati maka virus akan semakin berkembang dan menyebabkan lepuhan atau luka yang semakin parah, serta kerusakan pada kulit dan kemaluan bahkan kematian. serta resiko yang tinggi bagi bayi yang terlahir dari ibu dengan herpes genetalis, lahir pervaginam atau melalui jalan lahir akan menyebabkan kerusakan otak dan kebutaan. Oleh sebab itu juga sangat penting untuk memberi tahu dokter apabila memiliki herpes genital saat hamil. Karna dokter akan melakukan tindakan untuk mencegah virus yang ditransmisikan kepada bayi selama persalinan.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Herpes Genetal?

Pada tahapan awal kedatangan dokter biasanya akan mendiagnosis infeksi herpes dengan pemeriksaan visual (dengan cara melihat) dari luka herpes, serta melakukan uji laboratorium. Tes darah dapat mendiagnosis virus herpes simplex sebelum anda mengalami wabah. Buat janji dengan dokter apabila merasa telah terkena herpes kelamin, bahkan jika anda belum mengalami gejala apa pun. Perihal pengobatan penyakit Herpes Genital ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Herpes Genetal Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Herpes Genetal disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Herpes Genetal ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik banner di bawah ini.