Penyebab dan Bahaya Penyakit Saluran Kemih (ISK)

Banyak orang tidak sadar dirinya mengalami penyakit infeksi saluran kemih atau yang biasanya disebut (ISK). barikut penyebab dan bahaya dari ISK.

Masih banyak orang yang kerap tidak menyadari dirinya mengalami penyakit infeksi saluran kemih atau yang biasanya disebut dengan singkatan (ISK). Untuk itu mari kita ketahui apa gejala dan bahaya penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Kenali gejala penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang serius dan sampai mengancam nyawa. Infeksi saluran kemih atau ISK ini merupakan penyakit yang sangat sering dijumpai pada wanita. Wanita memiliki resiko lebih dari 50 persen untuk menderita setidaknya satu infeksi saluran kemih (ISK) dalam hidup mereka. Jadi, seperti apa gejala dan bahaya penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang sering sekali di jumpai oleh pasien ?

Apa Itu Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) ?

Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah dimana kondisi dari saluran kemih yang terdiri dari ureter, kandung kemih, ginjal dan uretra. Penyakit Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan sebuah kondisi dimana organ pada sistem saluran kemih mengalami infeksi. Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ini sendiri bisa terjadi kepada siapa saja baik itu pria, wanita atau pun anak-anak. Namun, wanita lebih tinggi berisiko terkena gangguan ini karena saluran uretra wanita jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan saluran uretra laki-laki, karena pada wanita uretra wanita lebih dekat dengan anus sehingga bakteri dari anus lebih mudah untuk masuk dan berpindah ke uretra.

Apa Saja Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) ?

Ada banyak macam penyebab orang terkena penyakit infeksi saluran kemih antara lain :

• Berbagai macam bakteri seperti E coli, Chlamydia, gonore
  • Jamur candida albican
  • Parasit trichomonas
  • Adanya batu

Kebanyakan orang yang terkena penyakit infeksi saluran kemih adalah orang yang melakukan hubungan seks bebas dan gonta ganti pasangan, higiene area kelamin buruk, dll.

Gejala Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyakit Infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang terjadi di bagian uretra dan kandung kemih. Ada beberapa gejala yang muncul dari penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ini antara lain:

• Rasa Nyeri saat berkemih.
  • Adanya desakan ingin buang air kencing (anyang-anyangan).
  • Ada darah pada saat buang air kecil.
  • Air kencing keruh dan berbau
  • Rasa nyeri pada bagian selangkangan.
  • Rasa sakit pada punggung dan perut bagian bawah (bawah pusar).
  • Adanya rasa kurang enak badan terkadang demam.

Gejala-gejala di atas jika dilihat memang mirip dengan kelainan ginjal lainnya. Dan tidak selamanya gejala di atas disebabkan oleh penyakit infeksi saluran kemih. Bisa jadi gejala di atas terjadi.

Apa Saja Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) ?
Apabila tidak diobati dengan cepat dan benar maka dapat menimbulkan bahaya dan komplikasi sebagai berikut :

1. Penyakit radang panggul (PID)
    Infeksi pada wanita dapat menyebabkan urethritis yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID).
  2. Epididimitis
    Peradangan saluran dibelakang testis yang menyimpan dan membawa sperma
  3. Orkitis
    Peradangan atau inflamasi akut pada testis yang biasanya terjadi sebagai reaksi sekunder dari infeksi dibagian tubuh yang lainnya.
  4. Penyebaran gonore secara sistemik misalnya ke mata
  5. Arthritis reaktif
    Nyeri sendi dan bengkak yang dipicu oleh infeksi bagian lain pada tubuh.
  6. Prostatitis
    Pembengkakan kelenjar berukuran kecil atau prostat yang menghasilkan cairan sperma

Komplikasi atau bahaya dan konsekuensi tergantung pada bentuk patologi pada pasien. Dan yang paling berbahaya adalah urethritis yang bersifat menular. Dalam kasus ini ada probabilitas infeksi dan bakteri yang berbahaya ke dalam rahim lalu berkembang biak dalam cairan amnion dan dapat mempengaruhi perkembangan normal janin dan membahayakan hidupnya. Adapun yang paling berbahaya adalah urethritis yang disebabkan oleh klamidia (chlamydia). Hal ini dapat menyebabkan bahaya yang signifikan bagi bayi. Beberapa komplikasi antara lain :

• Sulit hamil
  • Premature (Kelahiran dini)
  • Kelahiran bayi yang meninggal
  • Keguguran spontan

Pada urethritis non infeksi kemungkinan mengalami komplikasi yang tidak begitu besar, namun jika tidak diobati infeksi akan mengancam infeksi yang lainnya sampai gagal ginjal dan sepsis. Untuk menghindari dan mencegah komplikasi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Pencegahan terhadap kondisi penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ini bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan.

• Mengkonsumsi cairan yang cukup dan rutin setiap hari agar metabolisme lancar.
  • Ketika membersihkan organ vital setelah buang air kecil atau buang air besar, lakukan proses cebok dari bagian depan dulu baru ke belakang.
  • Hindari suka menahan kencing
  • Pentingnya deteksi dini untuk mengenali bahaya dan gejala penyakit infeksi saluran kemih.

Jika anda mengalami gejala diatas, maka segera hubungi dokter. Jangan melakukan pengobatan sendiri dan meminum obat tanpa ada anjuran dokter.

Bagaimana Menegakkan Diagnosis Penyakit Infeksi Saluran Kemih ?

Untuk menegakkan diagnosa pasien dengan penyakit infeksi saluran kemih tidaklah sulit. Pertama-tama dokter akan melakukan anamnesis menyeluruh kemudian melakukan beberapa tes pemeriksaan laboratorium. Untuk tes secara fisik itu sendiri, infeksi saluran kemih bisa diperiksa melalui serangkaian tes. Tujuan dari tes itu adalah untuk melihat adanya infeksi dari bakteri E. Coli dan melihat bagian mana saja dari organ kemih yang terinfeksi. Beberapa tes yang dimaksud antara lain tes urine, tes darah, CT scan, USG, dan sistoskopi.

Tes urine dilakukan untuk mendeteksi bakteri, kondisi sel darah merah dan kondisi sel darah putih di dalamnya. Sementara tes pencitraan lainnya dilakukan untuk mengetahui secara lebih jelas kondisi organ-organ di saluran kemih agar bisa diberikan penanganan dengan tepat.

Bagaimana Penanganan Infeksi Saluran Kemih di Klinik Pandawa?

Apakah penyakit infeksi saluran kemih bisa sembuh dan dapat kambuh kembali ? Untuk metode pengobatan harus dilakukan langsung dengan dokter yang sudah ahli dan berpengalaman. Oleh karena itu jangan mengobati atau melakukan pengobatan sendiri tanpa ada anjuran dokter. Apabila anda mengalami gejala-gejala penyakit infeksi saluran kemih maka anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan segera agar terhindar terjadinya sepsis.

Tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit infeksi saluran kemih (ISK) langsung membeli obat tanpa adanya anjuran dokter. Namun, pengobatan penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang seperti ini hanya akan menambah kondisi penyakit bertambah parah, bahkan jika menjalani pengobatan di akhir, ini juga akan menambah kesulitan pengobatan, bahkan berisiko timbul resistensi kuman dan penyakit kambuh berulang. Pengobatan penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang berbeda-beda harus didasarkan pada tingkat berat ringannya penyakit dan kondisi tubuh pasien. Jika sembarangan mengambil tindakan juga dapat mengakibatkan kondisi penyakit bertambah parah dan kambuh kembali.

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK). Klinik Pandawa memiliki fasilitas yang sangat memadai serta alat-alat medis yang modern dan lengkap dalam Penanganan Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK). Klinik Pandawa juga sudah cukup lama melayani pasien-pasien dengan penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dan penyakit andrologi, ginekologi, penyakit kelamin lainnya. Rata-rata semua pasien merasakan puas dengan pelayanan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter Klinik Pandawa, Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi pengobatan atau informasi lebih lanjut silahkan konsultasi Online Gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol TELP / WA / SMS di web. Kami siap dengan senang hati melayani anda, Privasi medis pasien terjamin.