Penyebab dan Bahaya Keputihan Abnormal (Patologis)

Keputihan adalah lendir/cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, Normal (fisiologis) dan Abnormal (Patologis).

Apa yang disebut dengan Keputihan Patologis?

Keputihan Patologis adalah keputihan yang terjadi akibat adanya penyakit yang menyerang bagian organ genital wanita, adanya jamur dan juga masuknya benda asing kedalam organ kewanitaan. Keputihan patologis sangat berbahaya dan patut mendapatkan perhatian yang besar pada penderitanya. sebab selain dampaknya yang akan membahayakan tubuh, keputihan patologis disebut-sebut menjadi penyebab nomor satu kemandulan bahkan kematian pada seorang wanita.

Apa saja gejala Keputihan Patologis?
Berikut ini beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh si penderita Keputihan Patologiss, diantaranya adalah:

• Jumlah cairan yang keluar banyak dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama
  • Cairan terkadang lengket
  • Cairan yang keluar berwarna baik kuning, putih susu, kehijauan atau keabu-abuan
  • pada cairan keputihan yang normal
  • Cairan yang keluar teksturnya lebih kental dan tekstur ini tentu berbeda dibandingkan
  • Timbulnya bau yang tidak sedap pada cairan
  • Menyebabkan gatal pada bagian organ kewanitaan

Apa penyebab keputihan Patologis
Berikut ini beberapa penyebab keputihan patologis yaitu :

• Bakterial Vaginosis. Yaitu keputihan karena ketidakseimbangan jumlah bakteri normal pada vagina. Tanda nya adalah keputihan putih hingga abu-abu, berbau amis, namun tidak disertai rasa gatal atau iritasi.
  • Kandidiasis. Yaitu keputihan karena infeksi jamur Candida, yang menyebabkan munculnya lendir cair berwarna putih seperti susu kental, tanpa bau, dan disertai gatal di sekitar vagina.
  • Trikomoniasis. Yaitu keputihan akibat infeksi parasit Trichomonas. Lendir akibat infeksi biasanya berjumlah banyak, Tanda nya adalah keputihan berwarna kuning-kehijauan, berbau amis, dan disertai perih/gatal di sekitar area kewanitaan.

Apa bahaya dan komplikasi dari Keputihan Patologis ?
Jika tidak ditangani dengan maksimal, Keputihan Patalogis dapat menyebabkan radang panggul yang kronis.  Dan juga bisa berpengaruh terhadap kesuburan, dan di kemudian hari bahkan bisa membuat sel telur yang telah dibuahi menempel pada organ selain rahim. Jika Anda menderita Keputihan Patologis selama kehamilan dan tidak diatasi dengan tepat, maka bisa berisiko mengalami keguguran, kelahiran prematur, dan ketuban pecah dini.

Bagaimana Keberhaslian Pengobatan Keputihan Patologis  Di Klinik Pandawa ?
Apabila anda membutuh informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa segera berkonsultasi online gratis kepada dokter kami dengan cara klik gambar di bawah ini.