Penyakit Sifilis dapat Menyebabkan Kebutaan

Penyakit Sifilis apabila tidak diobati maka akan semakin menyebar hingga stadium lanjut dan dapat menyebabkan masalah serius seperti kebutaan.

Apa Itu sifilis?

Sifilis adalah salah satu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, bakteri atau cairan tubuh penderitanya, misalnya melalui darah. penyakit ini bersifat jangka panjang dan dapat kambuh kapan saja serta bersifat akut.

Apa yang menyebabkan terjadinya sifilis?

Penyebab utama dari penyakit sifilis adalah bakteri Treponema Pallidum, apabila seorang yang terserang penyakit sifilis melakukan hubungan seksual berupa oral, anal, ataupun vagina maka orang tersebut akan menularkan penyakit sifilis kepada pasangannya. Sifilis juga bisa ditularkan dari ibu hamil pada bayinya.

Apa Saja Gejala umum yang terjadi pada penyakit Psifilis?

Sifilis dikenal sebagai peniru yang hebat karena tampak seperti banyak infeksi pada umumnya, dan sulit untuk didiagnosis. Pada manifestasi klinis awal sifilis terdapat gejala seperti papul kecil soliter atau benjolan sebesar kacang polong, kemudian dalam satu sampai beberapa minggu papul ini berkembang menjadi ulkus atau luka yang terbuka pada permukaan kulit. Gejala ini dapat ditemukan dimana saja tapi dominan terdapat pada penis, servik, dinding vagina

rektum dan anus. Terkadang sifilis juga tidak memiliki gejala, oleh sebab itu seringkali kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa mereka menderita sifilis.

Berikut adalah tahap dan gejala penyakit sifilis berdasarkan tingkat keparahan :

• Stadium Primer: Sakit yang tidak nyeri (chancre) dapat terjadi saat sifilis baru masuk ke dalam tubuh. Seringkali tidak akan terlihat atau diketahui, tapi jika ada yang sakit maka akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan HIV. Sakit biasanya terjadi dalam kurun waktu 3 sampai 90 hari setelah kontak. Nyeri paling sering terjadi di daerah genital atau alat kelamin, berkemungkinan juga terdapat di bibir dan mulut, rasa sakit akan hilang sendiri dalam beberapa minggu, namun sifilis akan tetap terus berlanjut.
  • Tahap sekunder: Ruam dan tidak gatal dapat berkembang dari 14 sampai 90 hari setelah mendapatkan sifilis. Ruam bisa muncul di manapun pada bagian tubuh, tapi paling sering ditemukan di bagian dada, perut, alat kelamin, telapak tangan dan telapak kaki. Ruam biasanya hilang tapi bisa kembali berbulan-bulan kemudian. Gejala lainnya antara lain sakit kepala, demam, rambut rontok, pembengkakan pada kelenjar getah bening atau benjolan di dalam mulut, anus, penis atau vagina.
  • Tahap Laten atau Tersembunyi: Jika sifilis tidak diobati, itu berlanjut ke stadium laten atau tersembunyi. Periode laten bisa bertahan hingga 30 tahun atau lebih, dan Anda mungkin tidak memiliki gejala selama masa ini. Seperti semua tahap, sifilis laten termasuk tahap yang sangat menular.

Apakah bahaya atau komplikasi sifilis apabila tidak segera diobati?

Apabila tidak diobati, sifilis akan semakin menyebar hingga stadium lanjut dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kelumpuhan, kebutaan, demensia, masalah pendengaran, impotensi, bahkan kematian.

Bagaimana Menegakkan Diagnosa sifilis ?

Untuk menegakkan diagnosa sifilis dilakukan anamnesis lengkap tentang riwayat orang tersebut, apakah ada infeksi sebelumnya pada vagina, atau luka, menyebabkan hubungan seksual menjadi terganggu. Dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium khusus.

Apakah pengobatan dan Pencegahan Terhadap Penyakit Sifilis ?

Perihal pengobatan penyakit sifilis ini tidak boleh dianggap ringan dan sepele sebab ada banyak bakteri penyebab yang perlu di periksa. Disamping itu komplikasi yang timbul akan sangat fatal dimana akan terjadinya kebutaan pada mata yang bersifat permanen hingga kematian. Oleh karena itu perlu segera konsultasikan ke dokter yang ahli dan berpengalaman agar dapat ditangani segera dengan cara yang tepat. Pencegahan penyakit sifilis ini sangatlah sederhana yaitu dengan menjaga kebersihan atau personal hygine baik dari faktor hubungan seksual atau lingkungan, serta hindari hubungan seks sebelum sembuh dan memakai kondom jika tidak dapat dihindarkan lagi.

Klinik Pandawa memberikan solusi pengobatan terbaik dengan harga terjangkau ?

Kami dengan senang hati melayani dan membantu anda. Segala rahasia medis anda terjamin. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan telah berpengalaman dalam hal mengobati penyakit Sifilis. Rata-rata ada banyak pasien dengan penyakit Sifilis bisa disembuhkan sampai tuntas dan banyak pasien puas dengan pengobatan dan pelayanan medis yang kami berikan.

Apabila anda membutuh informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa segera berkonsultasi online gratis kepada dokter kami dengan cara klik banner di bawah ini.