Penyakit Moluskum dapat Menyebabkan Kanker Kulit

moluskum kontagiosum adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus molluscum contagiosum. komplikasi penyakit ini bisa menyebabkan kanker kulit

Apa Itu Penyakit Moluskum ?

Moluskum kontagiosum adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Molluscum contagiosum. Ini menghasilkan benjolan yang bersifat jinak, atau lesi, pada lapisan atas kulit anda. Benjolan kecil ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada tahap awal penyakit. Lamanya waktu virus bervariasi atau berbeda-beda untuk setiap orang, dan benjolan tersebut akan tetap bertahan pada kulit dari dua bulan hingga empat tahun lamanya apabila tidak diobati.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Moluskum?

Anda bisa mendapatkan moluskum dengan menyentuh lesi pada kulit seseorang yang mengalami infeksi ini. Anak-anak dapat menularkan virus selama bermain normal dengan anak-anak lain. Remaja dan orang dewasa lebih cenderung berkontraksi melalui kontak seksual. Anda juga bisa terinfeksi selama olahraga kontak yang melibatkan sentuhan kulit secara langsung, seperti gulat atau sepak bola. Virus dapat bertahan hidup di permukaan yang telah disentuh oleh kulit seseorang dengan molluscum contagiosum. Jadi, mungkin untuk mengontrak virus dengan menangani handuk, pakaian, mainan, atau barang lain yang telah terkontaminasi.

Berbagi peralatan olahraga yang telah disentuh kulit seseorang juga dapat menyebabkan virus ini. Virus dapat tetap berada pada peralatan atau barang- barang untuk ditransmisikan kepada orang lain. Ini termasuk barang-barang seperti sarung tangan baseball, tikar gulat, dan helm sepakbola dan lain-lain. Jika anda memiliki moluskum kontagiosum maka anda dapat mentransfer virus dari satu bagian tubuh ke bagian lain dengan menyentuh, menggaruk, atau mencukur tonjolan dan kemudian menyentuh bagian lain dari tubuh Anda.

Apa faktor risiko penyakit moluskum kontagiosum?

Siapa pun bisa mendapatkan penyakit moluskum kontagiosum, tetapi kelompok orang tertentu lebih mungkin terinfeksi daripada yang lain. Kelompok-kelompok ini termasuk:

• anak-anak antara usia 1 sampai 10 tahun
  • orang yang tinggal di iklim tropis
  • orang dengan sistem kekebalan yang lemah yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti transplantasi organ atau perawatan kanker
  • orang-orang yang memiliki dermatitis atopik, yang merupakan bentuk umum dari eksim yang menyebabkan ruam bersisik dan gatal
  • orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga kontak, seperti gulat atau sepak bola, di mana kontak kulit ke kulit adalah hal biasa

Apa Saja Gejala Penyakit Moluskum?

Jika anda atau anak anda bersentuhan dengan virus ini, mungkin tidak akan telihat gejala infeksi hingga enam bulan. Periode inkubasi rata-rata adalah antara dua dan tujuh minggu. Anda mungkin memperhatikan munculnya sekelompok kecil lesi yang tidak nyeri. Benjolan ini dapat muncul sendiri atau dalam sepetak sebanyak 20. Ciri-cirinya sebagai berikut :

• sangat kecil, berkilau, dan halus dalam penampilan
  • berwarna seperti daging, putih, atau merah muda
  • keras dan berbentuk seperti kubah dengan penyok atau lesung di tengah
  • diisi dengan inti inti dari bahan lilin
  • antara 2 hingga 5 milimeter dengan diameter, atau antara ukuran kepala pin dan ukuran penghapus di atas pensil
  • hadir di mana saja kecuali di telapak tangan atau telapak kaki, khususnya di wajah, perut, badan, lengan, dan kaki anak-anak, atau paha bagian dalam, alat kelamin, dan perut orang dewasa
  • Namun, jika anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, mungkin memiliki gejala yang lebih signifikan. Seperti, Lesi berukuran 15 milimeter, yang kira-kira sebesar koin kecil. Benjolan muncul lebih sering di wajah dan biasanya resisten atau kebal terhadap pengobatan.

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Moluskum apabila tidak segera diobati?

Anda harus selalu memeriksakan penyakit moluskum atau lesi kulit yang berlangsung lebih lama dari beberapa hari. Moluskum akan menyebabkan lesi semakin parah, seperti kanker kulit, cacar air, atau kutil. Lesi besar yang terletak di wajah dan leher, penyakit kulit seperti dermatitis atopik, Anda juga akan memiliki kekhawatiran serius atau stres tentang penyebaran virus, dan perawatan yang paling efektif untuk moluskum kontagiosum dilakukan oleh dokter. Ini termasuk cryotherapy, kuretase, terapi laser, dan terapi topikal.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Moluskum?

Karena tonjolan kulit yang disebabkan oleh moluskum kontagiosum memiliki penampilan yang berbeda, dokter akan mendiagnosis infeksi hanya dengan melihat daerah yang terkena serta riwat dari peyakit yang pernah anda derita sebelumnya. Dan melakukan tes fisik serta permeriksaan lab, Scrap atau biopsi kulit juga dapat mengkonfirmasi diagnosis.

Perihal pengobatan penyakit Moluskum ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan penyakit moluskum secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Moluskum Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Moluskum disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Moluskum ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik banner di bawah ini.