Penyakit Balanitis Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Penis

Penyakit Balanitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada ujung penis. Penyakit ini bisa meningkatkan resiko kanker penis.

Apa Itu Balanitis?

Penyakit Balanitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada ujung penis (glans penis) yang disebabkan oleh berbagai hal. Infeksi yang terjadi akibat balanitis seringkali juga menyebabkan peradangan pada kulit yang menutupi penis pada penis yang tidak disunat (preputium). Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya balanitis antara lain adalah karena infeksi jamur, infeksi bakteri, penyakit menular seksual, iritasi kulit, dan kelainan kulit lainnya.

Gejala Balanitis

Gejala umum yang muncul pada penis yang terkena Penyakit Balanitis antara lain:

• Peradangan dan bengkak di ujung penis atau kulit penis
  • Nyeri dan kesulitan saat buang air kecil
  • Mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Penis terasa sakit

Penyebab Balanitis

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena Penyakit Balanitis, antara lain:

• Tidak menjaga kebersihan alat kelamin. Seseorang yang belum disunat dan tidak menjaga kebersihan alat kelaminnya akan mengeluarkan cairan kotor (smegma), cairan itu yang dapat menimbulkan iritasi pada alat kelamin. Faktor ini merupakan penyebab utama terjadinya balanitis karena kurang terjaganya kebersihan dan kondisi yang lembab membuat jamur dan bakteri dapat bersarang di dalamnya.
  • Infeksi menular seksual. Infeksi menular seksual dapat menyebabkan balanitis, terutama jika seseorang menderita peradangan pada saluran kemih (uretra). Gejala yang muncul pada balanitis akibat infeksi menular seksual biasanya menimbulkan rasa nyeri saat kencing dan keluar cairan dari uretra. Penyakit menular seksual yang bisa ditularkan adalah herpes genital, klamidia dan gonore.
  • Infeksi jamur jenis Candida sp. Jamur Candida sp normalnya hidup dibawah permukaan kulit tapi dalam kondisi tertentu dapat menimbulkan penyakit infeksi. Jamur Candida sp merupakan jamur yang bisa menyebabkan infeksi vagina dan keputihan pada wanita. Beberapa jenis bakteri juga dapat menimbulkan balanitis pada anak-anak maupun laki-laki dewasa misalnya menderita alergi, diabetes dan fimosis. Pada penderita diabetes biasanya mudah menyebabkan terjadinya luka dan air seni yang dihasilkan banyak mengandung gula hal ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh lebih banyak karena air seni yang mengandung gula   menjadi makanan bagi bakteri. Sementara pada fimosis biasanya lebih sering terjadi pada anak dibawah usia 5 tahun dan akan disanrankan untuk sunat. Fimosis itu sendiri adalah kelainan pada laki-laki yang belum disunat dimana kulup penis melekat kencang pada kepala penis sehingga tidak dapat ditarik ke belakang melewati kepala penis.
  • Alergi dan iritasi. Kulit kepala penis sangat sensitif dan bisa bereaksi terhadap berbagai senyawa kimia atau zat lain. Contoh hal yang dapat menimbulkan iritasi adalah :
  1. Sel kulit mati, keringat, urin dan benda lain dapat mengumpul di bawah kulup.
  2. Jenis sabun dan desinfektan.
  3. Menggosok atau mencuci kepala penis secara berlebihan.
  4. Kondom, spermisida yang digunakan pada saat berhubungan seksual.
  5. Zat kimia yang terkena tangan dapat mengenai kepala penis jika tidak dibersihkan terlebih dahulu sebelum ke toilet.
  6. Deterjen atau sabun cuci yang masih tertinggal di celana dalam.

Faktor Risiko Balanitis

Faktor risiko yang bias menyebabkan terkena Penyakit Balanitis antara lain adalah:

• Orang yang terkena diabetes melitus.
  • Penggunaan antibiotik secara berlebihan.
  • Kebersihan yang buruk pada laki-laki yang tidak disunat.
  • Daya tahan tubuh yang lemah.
  • Iritasi akibat zat kimia pada kepala penis.

Komplikasi Balanitis

Jika tidak segera ditangani lebih lanjut, Penyakit Balanitis dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti:

• Nyeri sendi.
  • Ruam pada bagian kulit yang lain.
  • Mulut kering.
  • Pembengkakan kelenjar.
  • Demam.
  • Mual.
  • Letih.

Bagaimana Pengobatan Balanitis di Klinik Pandawa?

Klinik pandawa merupakan klinik yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Klinik Pandawa juga memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah banyak menangani pasien dengan kasus Penyakit Balanitis. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik banner di bawah ini.