Penyakit Orchitis Bisa Menyebabkan Kemandulan Pada Pria

Testis merupakan bagian sangat penting pada kelamin seorang laki-laki. Fungsi dari testis adalah untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron yang sangat dibutuhkan untuk proses pembuahan atau kehamilan. Oleh karena itu, jika terjadi masalah dengan testis maka akan sangat mempengaruhi fungsi pada bagian reproduksi. Sedangkan Orchitis adalah salah satu kondisi yang sangat berbahaya apabila tidak terdeteksi dan diobati sejak dini, sehingga dapat menyebabkan peradangan dari satu atau kedua testis.

Apakah Itu Penyakit Orchitis (Radang Testis) ?

Penyakit Orchitis adalah kondisi peradangan pada salah satu satu atau kedua buah zakar atau testis pada laki-laki. Penyakit ini bisa membuat testis atau buah zakar membengkak karena disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri pada testis.

Orchitis yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang bisa tertular melalui hubungan seksual (PMS), terutama gonore atau klamidia. Bakteri orchitis juga sering menyebabkan epididimitis, yaitu peradangan pada struktur kantung pembuahan (epididymis) pada bagian belakang testis.

Penyakit orchitis dapat dihasilkan dari penyebaran bakteri melalui darah dari lokasi lain di bagian  tubuh. Mayoritas kasus penyakit orchitis terjadi pada pria prapubertas, pria yang aktif secara seksual, atau pada pria yang lebih tua dari 50 tahun dengan hipertrofi prostat jinak.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Orchitis (Radang Testis) ?

Penyebab terjadinya orchitis (radang testis) adalah virus atau bakteri. Infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore, klamidia, epididimitis juga merupakan penyebab terjadinya orchitis (radang testis).

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena orchitis (Radang Testis) adalah:

• Berusia lebih dari 45 tahun.
  • Menderita infeksi saluran kemih yang bersifat kambuhan.
  • Tidak diberikan vaksin gondong (vaksin MMR).
  • Penggunaan kateter dalam jangka waktu lama.
  • Terlahir dengan saluran kemih yang tidak normal.
  • Pernah operasi pada saluran kemih atau organ kelamin.
  • Pernah atau sedang menderita penyakit menular seksual.
  • Berganti-ganti pasangan.
  • Sering melakukan kegiatan seksual yang berisiko terkena infeksi, termasuk tanpa menggunakan kondom.
  • Berhubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual.

Apa Saja Gejala Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Penyakit Orchitis (Radang Testis) ?

Gejala yang dapat terjadi pada penyakit orchitis (Radang Testis), yaitu :

• Nyeri pada buah zakar (testis) dan selangkangan
  • Pembengkakan, rasa nyeri pada salah satu atau kedua testis, dan rasa sensitive
  • Skrotum teraba lembut atau lunak dari biasanya
  • Merah pada testis
  • Sakit saaat buang air kecil
  • Sakit saat ejakulasi
  • Skrotum menjadi bengkak
  • Keluarnya darah pada air mani atau sperma
  • Jumlah sperma menjadi tidak normal
  • Prostat membesar
  • Kelenjar getah bening di selangkangan menjadi bengkak
  • Kelelahan atau malaise
  • Sakit kepala
  • Demam dan kedinginan
  • Mual dan muntah.
  • Rasa nyeri saat buang air kecil, berhubungan seksual, dan ejakulasi.
  • Terlihatnya kotoran penis

Apakah bahaya dan komplikasi Penyakit Orchitis (Radang Testis) apabila tidak segera diobati ?

Jika orchitis tidak segera diobati dan infeksi telah menyebar pada kedua testis, kondisi akan ini sangat berisiko untuk terjadinya kemandulan atau penurunan produksi hormon testosteron (hipogonadisme) yang berfungsi untuk proses kehamilan. Komplikasi atau bahaya yang dapat terjadi apabila penyakit orchitis (radang testis) tidak segera diobati, yaitu :

• Kambuhnya penyakit epididimitis atau peradangan saluran yang membawa sperma
  • Terjadinya atrofi testis atau kondisi dimana ukuran testis menjadi kecil
  • Terjadinya abses skrotum atau terisi oleh nanah
  • Terjadinya kerusakan pada fungsi testis (disfungsi fisiologis), dan hilangnya kesuburan
  • Terjadinya penyakit prostatitis, penyakit endokrin, nefritis, urologi, dan kanker
  • Terjadinya infeksi testis yang dapat menyebabkan testis mengecil dan sangat sulit untuk diobati yang disebut juga dengan testis atrofi
  • Terjadinya infeksi akut dapat menyebabkan abses atau nanah dalam skrotum (skrotum abses) yang dapat menyebar hingga menyebabkan bisul.
  • Terjadinya infertilitas dimana sperma pada testis tidak dapat menghasilkan kualitas sperma yang baik sehingga fungsi seksual menjadi hilang manfaat kinerjanya. Dan menyebabkan kemandulan pada pria.
  • Terjadinya depresi psikologis, kelelahan, dan tertekan pikiran.

Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Orchitis (Radang Testis) Di Klinik Pandawa ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Orchitis (Radang Testis) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani Penyakit Orchitis (Radang Testis) ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.