Faktor-Faktor Resiko Terkena Penyakit Prostatitis

Penyakit Prostatitis adalah peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat. Kenali Faktor Resiko Terkena Penyakit Prostatitis.

Penyakit Prostatitis yaitu inflamasi (pembengkakan)  atau peradangan pada kelenjar prostat. Penyakit prostatitis ini bisa sangat menyakitkan, walaupun terkadang bisa mereda nyerinya dengan sendirinya. Diperkirakan selama masa hidup ada 35-50% pria akan mengalami rasa sakit atau ketidak nyamanan yang disebabkan oleh penyakit prostatitis. Untuk penyakit prostatitis atau peradangan pada prostat dapat menyerang pria pada berbagai umur, khususnya pada usia 50 tahun atau lebih muda. Kemungkinan besar terkena penyakit prostatitis dapat dikurangi apabila Anda dapat menghindari factor-faktor risiko yang akan kami jelaskan dibawah ini. Selalu luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai informasi lebih lanjut. Apa saja tanda dan Gejala penyakit prostatitis, apa saja penyebab penyakit prostatitis, apa saja factor-faktor resiko dari penyakit prostatitis, perubahan gaya hidup apa yang harus kalian lakukan mengenai penyakit prostatitis, dan bagai mana pengobatan yang baik pada penyakit prostatitis akan kami ulas dan jelaskan.

Apa Itu Penyakit Prostatitis?

Penyakit Prostatitis adalah peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat pada umumnya diderita oleh laki-laki dewasa. Penyakit Prostatitis ini tergantung pada penyebabnya dapat timbul secara tiba-tiba maupun perlahan-lahan.  Ada tiga jenis penyakit prostatitis yaitu:

• Penyakit Prostatitis non-bakteri
  • Penyakit Prostatitis bakteri akut
  • Penyakit Prostatitis bakteri kronis

Apa Saja Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Prostatitis ?

• Kesulitan berkemih atau buang air kecil, dengan volume air kencing yang sedikit serta keraguan untuk kencing
  • Sakit dan sensasi panas saat kencing (dysuria)
  • Frekuensi yang tinggi saat kencing khususnya pada malam hari (nocturia)
  • Rasa ingin kencing yang tidak bisa ditahan
  • Berasa sakit pada bagian perut, selangkangan, dan punggung bagian bawah
  • Berasa sakit pada bagian di antara buah zakar dan anus
  • Rasa tidak nyaman dan nyeri pada area penis dan testis
  • Ejakulasi berasa sakit
  • Gejala menyerupai flu (dengan bakteri prostatitis)

Apa Penyebab Penyakit Prostatitis ?

Terdapat beberapa penyebab yang berbeda pada penyakit prostatitis. Penyakit prostatitis bakterial biasanya penyebabnya infeksi bakteri e.coli. Jika bakteri tidak dihilangkan dengan antibiotik maka bakteri tersebut akan bersembunyi dalam prostat, jadi penyakit prostatitis ini dapat kembali berulang dan sulit untuk ditanganinya. Pada  Kondisi tersebut yang dinamakan dengan penyakit prostatitis bakterial kronis. Penyebab lain yang dapat timbul yaitu:

• Gangguan pada sistem imun atau kekebalan tubuh
  • Gangguan sistem persarafan
  • Luka dibagian prostat

Apa Saja Yang Meningkatkan Risiko Penyakit Prostatitis?

Faktor-faktor resiko di bawah ini dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit prostatitis, yakni:

• Pemuda atau pria paruh baya yang sudah melakukan hubungan seksual atau sering melakukan onani.
  • Memiliki riwayat penyakit prostatitis masa lalu
  • Infeksi kandung kemih atau uretra
  • Memiliki riwayat trauma panggul, cedera dari bersepeda atau menunggang kuda
  • Kurang mengkonsumsi cairan (dehidrasi)
  • Sering Melakukan kegiatan seksual bebas dan gonta ganti pasangan tanpa alat kontrasepsi
  • Menderita HIV/AIDS

Kapan Sebaiknya Saya Harus Periksa Ke Dokter?

Anda harus menghubungi dokter segera apabila mengalami gejala penyakit prostatitis di atas ataupun memiliki pertanyaan mengenai informasi penyakit prostatitis lain. Gejala penyakit prostatitis yang muncul pada setiap orang dapat menunjukkan perbedaan yang dirasakan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

Apa Saja Pemeriksaan Yang Akan Dilakukan Pada Penyakit Prostatitis ?

Dokter dapat membuat diagnosis dari hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik yang dilakukan. Selain hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik itu metode lain seperti tes darah atau tes urin juga akan dilakukan jika diperlukan.

Bagaimana Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Prostatitis ?

• Lakukan berendam air hangat saat mandi
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan makanan asam ataupun pedas
  • Hindari berlama-lama duduk, misal coba duduklah di atas bantal atau bantal tiup untuk mengurangi tekanan pada kelenjar prostat
  • Hindari bersepeda dulu Jika memang harus bersepeda, kenakanlah celana pendek dan tidak ketat dengan bantalan dan sesuaikan jok sepeda Anda untuk mengurangi tekanan pada kelenjar prostat anda

Kenapa Kita Harus Berobat Penyakit Prostatitis DI KLINIK PANDAWA JAKARTA ?

Kinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit prostatitis. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi disbanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit prostatitis (pembengkakan prostat) dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Klinik Pandawa memiliki dokter yang berpengalaman dan ahli dalam menangani penyakit prostatitis dan penyakit kelamin lainya. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.