Bahaya dan Komplikasi Penyakit Kencing Nanah (Gonore)

Penyakit Kecing Nanah (Gonore)

Bahaya dan Komplikasi Penyakit Kencing Nanah (Gonore) pada pria dapat berkurangnya kesuburan dan pada wanita bisa berdampak pada organ reproduksi.

Definisi Penyakit Kecing Nanah (Gonore)

Penyakit Kecing Nanah (Gonore) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyerang membran mukosa uretra pada pria dan endoservik pada wanita. Penyakit ini sering ditularkan melalui kontak seksual.

Studi Epidemiologi menunjukkan faktor-faktor risiko terjadinya Penyakit Kecing Nanah (Gonore) meliputi sebagai berikut :

• Adanya sumber penularan penyakit
  • Gonta-ganti pasangan seksual
  • Tidak menggunakan kondom pada saat berhubungan seksual
  • Prostitusi
  • Kebebasan individu yang tidak terkontrol
  • Minimnya pengetahuan tentang Penyakit Kecing Nanah (Gonore)
  • Minimnya sarana penunjang pemeriksaan penyakit menular seksual

Perilaku seksual berupa bergonta-ganti pasangan seksual akan meningkatkan penularan Penyakit Kecing Nanah (Gonore). selain ditularkan dengan cara berhubungan seksual, juga dapat ditularkan melalui barang perantara yang sudah dipakai oleh penderita, seperti misalnya : pakaian dalam, handuk, termometer dan sebagainya

Pada dasarnya orang yang sudah aktif secara seksual beresiko besar tertular penyakit menular seksual. Kelompok berisiko tinggi yang dapat terkena infeksi menular seksual yaitu PSK (Pekerja Seks Komersial), orang yang mempunyai satu pasangan seksual tetapi pasangan seksualnya suka berganti-ganti pasangan seksual, usia 16-24 tahun pada wanita, 20-34 tahun pada laki-laki, homoseksual dan pecandu narkotika. Angka penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual) dikalangan PSK (Pekerja Seks Komersial) tiap tahunnya menunjukkan peningkatan. Saat ini diperkirakan sekitar 80%-90% PSK terinfeksi IMS seperti : Neisseria gonorrhoeae, Herpes simplex tipe 2 dan clamidia.

Tanda dan Gejala Penyakit Kecing Nanah (Gonore)

Pada umumnya Penyakit Kecing Nanah (Gonore) dibagi dua kategori yakni akut dan kronis.  kronis cenderung tidak ada keluhan spesifik / khas. Terkadang pasien dengan penyakit ini datang dengan keluhan gangguan fungsi seksual seperti impoten dan gangguan ejakulasi tak terkontrol. Pada Penyakit Kecing Nanah (Gonore) akut bisa timbul gejala sebagai berikut :

• Lecet pada ujung kemaluan
  • Keluar nanah dari lubang penis
  • Terkadang gatal
  • Bisa sakit tenggorokan bila oral seks
  • Bisa sakit di anus bila anal seks
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan
  • Nyeri pada kemaluan pria
  • Kesehatan tubuh mulai terganggu
  • Keputihan bau berwarna putih susu pada wanita
  • Timbul vaginitis, gatal pada wanita
  • Bisa timbul bartholinitis pada wanita

Bahaya dan Komplikasi Penyakit Kecing Nanah (Gonore) Jika Tidak Segera Diobati

Komplikasi atau masalah jangka panjang akibat Penyakit Kecing Nanah (Gonore) akan timbul jika tidak diobati. Selain itu, penyakit ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menimbulkan masalah serius.

Komplikasi Penyakit Kecing Nanah (Gonore) pada penderita pria adalah dapat berkurangnya kesuburan yang diakibatkan oleh infeksi testis dan kelenjar prostat. Meskipun begitu, hal ini jarang terjadi. Sedangkan pada wanita, Penyakit Kecing Nanah (Gonore) bisa berdampak besar pada organ reproduksi. Sekitar 15 persen kasus penyakit  ini yang tidak diobati hingga menyebabkan penyakit radang panggul. Hal ini dapat memicu sakit tulang panggul jangka panjang, kemandulan, dan kehamilan ektopik atau di luar rahim.

Meskipun jarang terjadi, infeksi pada bagian tubuh lain bisa terjadi jika penyakit gonore tidak diobati dan menyebar melalui aliran darah. Beberapa kondisi yang dapat terjadi pada pria maupun wanita adalah:

• Iritasi kulit dan berwarna kemerahan.
  • Radang dan pembengkakan persendian.
  • Peradangan pada otak, saraf tulang belakang, hingga jantung yang bisa membahayakan nyawa
  • Komplikasi penyakit gonore pada wanita hamil tidak hanya berdampak pada dirinya, tapi juga bisa berdampak pada bayi yang dikandungnya, seperti kelahiran prematur keguguran, terinfeksinya mata bayi yang dilahirkan oleh ibu penderita penyakit gonore (penyakit kencing nanah). Kerusakan penglihatan permanen akan terjadi jika bayi tersebut tidak segera diobati dengan antibiotik yang sesuai.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Kecing Nanah (Gonore) Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Pasien dengan Penyakit Kecing Nanah (Gonore) akan di lakukan anamnesis oleh dokter dan kemudian dokter akan menyarankan melakukan screening laboratorium untuk membuktikan apakah ada kuman gonore dan kuman penyakit kelamin lainnya. Pengobatan yang diberikan berdasarkan data hasil laboratorium. Terapi utama Penyakit Kecing Nanah (Gonore) adalah antibiotik yang tepat tanpa resistensi.

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Kecing Nanah (Gonore) disertai berbagai komplikasi dan penyebab yang berhasil disembuhkan. Selain Penyakit Kecing Nanah (Gonore) masih ada lagi penyakit menular seksual lainnya seperti sifilis, herpes genital, chlamydia, kutil kelamin, dan lain-lain yang berhasil diobati.

Keuanggulan Klinik Pandawa disbanding klinik lainnya adalah memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani Penyakit Kecing Nanah (Gonore)  ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang puas dan berterima kasih atas pengobatan dan pelayanan yang kami berikan. Rata-rata tidak ada keluh kesah dan keberatan.

Keunggulan klinik pandawa lainnya adalah soal biaya berobat yang juga relatif terjangkau dan murah. Klinik pandawa memiliki ruangan full AC, parkir luas dan gratis, laboratorium, apotik, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.